Gubernur Lampung ajak dokter tingkatkan pelayanan kesehatan

 

 

Bandarlampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak dokter yang ada di provinsi tersebut dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatan, salah satunya di bidang patologi anatomi.

 

“Dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan, masyarakat memerlukan upaya peningkatan dari segi sumber daya kesehatan, pengelolaan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujar Arinal Djunaidi dalam keterangannya di Bandarlampung, Sabtu.

 

Untuk mewujudkan layanan kesehatan yang baik bagi masyarakat terutama bagi pelayanan patologi anatomi, kata dia, memerlukan kerja sama dari seluruh insan kesehatan, termasuk dokter.

 

Melalui Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Anatomi ini diharapkan menjadi wadah menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh dokter patologi anatomi, sehingga bisa ikut serta meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama patologi anatomi di Provinsi Lampung,” katanya.

 

Dia melanjutkan dalam upaya membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan produktif perlu dilakukan beberapa prinsip yakni mewujudkan kesejahteraan, pemerataan, mencegah tindakan diskriminatif, partisipatif, dan berkelanjutan. Hal itu, kata dia, perlu dilaksanakan pula di bidang kesehatan.

 

“Guna mengurangi kesenjangan perlu memperkuat pelayanan kesehatan yang bermutu dan meningkatkan ketahanan kesehatan serta memajukan kesejahteraan seluruh warga negara dan daya saing bangsa untuk mewujudkan pembangunan nasional,” jelasnya.

 

Menurut dia, untuk meningkatkan kapasitas dan ketahanan kesehatan diperlukan upaya penyesuaian berbagai kebijakan untuk penguatan sistem kesehatan secara integratif dan holistik.

 

“Pada Renstra 2019-2024 visi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus berupaya untuk mewujudkan masyarakat Lampung yang aman, berbudaya, maju dan berdaya saing serta kehidupan yang sejahtera salah satunya melalui bidang kesehatan,” tambahnya.

 

Tanggapan serupa dikatakan oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Anatomi Indonesia dr Sjahjenny Mustokoweni.

 

“Transformasi kesehatan yang akseleratif dengan penetapan kanker sebagai prioritas pelayanan menjadi penting, dimana bidang patologi anatomi diagnostik ke depan berperan dalam genomik penentuan nasib pasien apakah menderita kanker atau bukan, sehingga pelayanan kesehatan yang baik juga penting,” katanya.

 

Dia mengharapkan bidang kesehatan, terutama patologi anatomi, semakin baik dan membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top