Gubernur Lampung Terima Penganugerahan KUR Award dari Menko Perekonomian 

 

Bandar Lampung –Provinsi Lampung mendapatkan penganugerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Award dan penyaluran KUR untuk UMKM dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Penghargaan itu diterima langsung oleh Gubernur Arinal Djunaidi pada Rabu, 9 Agustus 2023 di Jakarta Pusat.

 

Pada kesempatan itu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan berdasarkan hasil penilaian, terdapat tiga provinsi dengan kategori terbaik dalam pencapaian program KUR 2022. Juara pertama diraih oleh Jawa Tengah, kedua Jawa Timur, dan ketiga adalah Lampung.Kepada provinsi peraih kategori terbaik dalam pencapaian program KUR 2022, Airlangga mengucapkan selamat atas pencapaian yang telah diraih, dimana ini merupakan hasil capaian kinerja pemerintah yang berdampak langsung kepada masyarakat. Selain kategori itu, terdapat penganugerahan terhadap penilaian untuk kategori provinsi dengan inovasi terbaik yaitu, posisi pertama diraih oleh Jawa Barat, posisi kedua Sumatra Selatan dan ketiga diraih provinsi Bali.

 

Dalam sambutannya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengungkapkan rasa senangnya atas penganugerahan yang telah diberikan oleh Menko Perekonomian Republik Indonesia. Saya merasa senang dengan penganugerahan ini karena Lampung selalu optimis dapat menjadi provinsi lumbung pangan dan provinsi lokomotif pertanian di Indonesia,” ujar Gubernur Arinal Djunaidi.

 

Gubernur Arinal menyampaikan, dengan jumlah total penduduk sekita 9,7 juta jiwa, luas provinsi 3,5 juta hektare (ha) dengan 30 persen hutan kawasan pemberdayaan yang belum begitu merata. Sesuai perintah bapak Presiden maka saya mengambil keputusan untuk menentukan arah kebijakan terhadap kebutuhan pangan yang ada di Lampung dan alhamdulillah lampung surplus berkat KUR,” kata dia.

 

Arinal yakin dengan KUR dapat menjadikan salah satu jalan untuk meningkatkan produksi pertanian, sehingga Lampung akan menjadi lumbung pangan nasional.

 

Penilaian KUR Award 2023

Dalam kesempatan itu, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Ferry Irawan, menyampaikan pemberian penganugerahan KUR Award ini dilakukan dengan penilaian yang sifatnya lintas kementerian.

 

Penilainnya mulai dari Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi dan UMKM, serta perwakilan dari Bank Indonesia, dan Otoritas jasa keuangan. Adapun kriteria yang dipergunakan dalam penilaian di antaranya bagaimana kebijakan KUR bisa mendukung debitur yang terdampak covid dan bagaimana melanjutkan program-program yang dilakukan terutama dari UMKM setelah naik kelas.

 

Ferry mengatakan berdasarkan hasil penilaian tersebut, tim merekomendasikan kepada perekonomian selalu komite kebijakan UMKM yaitu dua kategori. Pertama adalah pemerintah provinsi dengan kategori terbaik dalam pencapaian penyaluran KUR.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top