Buka Rakerkesda Lampung 2023, Gubernur Arinal Minta Layanan Kesehatan Ditingkatkan

 

Bandarlampung — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Lampung Tahun 2023, di Hotel Novotel, Senin (3/7/2023).

Arinal menyebutkan, pembangunan Kesehatan diatur dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. Untuk itu Pemprov Lampung telah membuat terobosan dan memperkuat akses dan mutu pelayanan kesehatan melalui enam pilar.

Enam pilar tersebut diantaranya transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan serta transformasi sumber daya manusia di bidang kesehatan dan teknologi Kesehatan,” jelas Arinal.

Gubernur juga berpesan agar memperhatikan dinamika kondisi situasi kesehatan agar tetap sesuai dengan kebijakan transformasi sistem kesehatan.

Untuk mencapai berbagai hal yang telah ditetapkan, Gubernur juga mengharapkan sinergi antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, masyarakat termasuk juga organisasi profesi. Baik kesehatan maupun perguruan tinggi.

Arinal juga mengarahkan agar seluruh nakes fokus pada peningkatan kualitas pelayanan di seluruh fasilitas. Mulai dari puskesmas, klinik hingga rumah sakit. Sehingga masyarakat bisa mendapat layanan terbaik.

“Rakerkesda ini untuk mengoptimalkan sinergitas dalam peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan, agar terwujud Lampung Sehat Lampung Berjaya,” tandasnya.

Sementara Kadis Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat membangun kebijakan di bidang Kesehatan.

“Rakerkesda ini juga harus mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan di daerah dan tersusunnya dokumen kesepakatan sebagai dasar penyusunan Renstra tahun 2024 sampai dengan 2029,” kata Reihana.

Adapun Rakerkesda ini diikuti 458 orang yang berasal dari 15 Kabupaten/Kota dan juga perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top