Airlangga Sebut Gubernur Lampung Lihai Dibantu Perbaiki Jalan, Apa Maksudnya?

 

 

 

Jakarta – Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyebut Gubernur Lampung Arinal Djunaidi lihai setelah sempat menjadi sorotan hingga diatensi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait viral jalan Lampung yang rusak. Airlangga menyebut Arinal lihai lantaran mendapat dana bantuan untuk memperbaiki jalan tersebut. Apa maksudnya?

Mulanya Airlangga menyinggung situasi dunia yang membutuhkan perhatian. Ia lantas menyinggung sosok Arinal yang mampu mendapatkan dana Rp 800 miliar dari pemerintah Jokowi untuk memperbaiki jalan yang rusak.

 

“Situasi penuh tantangan. Saya bicara masalah geopolitik ke depan, perseteruan antara nomor 1 dan 2, kita bicara perseteruan global, bukan nasional,” kata Airlangga dalam sambutannya di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (4/6/2023).Ia menilai perseteruan antara Amerika Serikat dan China semakin panas. Belum lagi perang antara Rusia dan Ukraina yang belum tertangani.

 

Ia lantas meminta kader menyikapi hal ini. Airlangga kemudian menyinggung Gubernur Lampung sebagai tokoh yang lihai.

 

“Kita juga menghadapi perubahan iklim. Kita para ketua DPD harus paham bahwa yang berliku bukan hanya jalan nasional, Pak Gubernur Lampung,” tutur Airlangga yang disambut tawa oleh kader lain.

 

“Pak Gubernur Lampung ini lihainya, luar biasanya dia viralkan yang viral itu (jalan rusak). Dan sekali kunjungan, dapat Rp 800 miliar, itulah pemain Partai Golkar,” imbuh Airlangga.

 

Penjelasan Golkar

Dikonfirmasi terpisah, Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia menjelaskan maksud yang disampaikan Airlangga. Ia menilai hal itu sebagai tanda perhatian Ketum Golkar.

 

“Itu kan namanya tanda perhatian Pak Airlangga terhadap Pak Arinal. Saya kira kan semua daerah punya masalah yang sama ya, apa namanya dan kemarin kan setelah itu Pak Presiden juga jalan-jalan ke daerah yang lain problemnya sama gitu,” kata Doli.

 

Doli menilai justru Arinal cepat menindaklanjuti laporan dengan melaporkan ke pusat. Pemerintah pusat akhirnya membantu dan mengatensi daerah lain.

 

“Jadi saya kira justru menurut saya, ya Pak Arinal itu sebagai gubernur, sebagai ketua Partai Golkar di sana quick response, cepat, di-follow up. Kemudian dikomunikasikan dengan pemerintah pusat dan akhirnya pemerintah pusat ikut membantu, yang belum tentu daerah lain mendapatkan bantuan yang sama seperti yang didapatkan Pak Arinal itu,” jelasnya.Ia menilai langkah yang dilakukan Arinal justru memantik pemerintah pusat untuk memberi perhatian ke jalan nasional yang lain. Doli menjabarkan rekam jejak Arinal.

 

“Itu (jalan rusak) tidak hanya di Lampung, masalah soal jalan, yang kedua kami tahu persis apa yang dikerjakan oleh Pak Arinal sebagai gubernur, bisa dicek. Sebelum Pak Arinal menjabat gubernur, pemerintah daerahnya punya utang loh Rp 1,7 Triliun dan sudah diselesaikan sama Pak Arinal,” imbuhnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top