Riana Sari ajak generasi muda tingkatkan minat baca

WARTABARU.COM_Bandarlampung – Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari mengajak generasi muda yang ada di daerahnya untuk kembali meningkatkan minat baca.

“Ini adalah momen yang sangat strategis dan tepat untuk mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan membaca, salah satunya generasi muda,” ujar Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan dengan meningkatkan kegemaran membaca buku dapat meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, hingga membuka diri terhadap ide bagi masyarakat khususnya generasi muda.

“Melalui buku, informasi baru bisa kita dapat. Dan dapat juga kita mengembangkan kemampuan serta bakat yang dimiliki dengan optimal,” katanya.

Dia menjelaskan dalam memperluas jangkauan perpustakaan kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan minat baca perlu dilaksanakan secara terus menerus agar masyarakat lebih mengenal manfaat dari perpustakaan serta membaca buku.

“Kebiasaan gemar membaca hendaknya dilakukan sejak dini yaitu dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Sebab tidak ada peradaban yang maju tanpa ada kegemaran membaca buku oleh masyarakatnya,” ucapnya.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Lampung pun berkewajiban menjamin hak masyarakat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan melalui penyediaan buku bacaan.

“Kali ini pemerintah daerah telah memprogramkan pemberian hibah buku kepada 30 pegiat literasi dari 15 kabupaten dan kota lada 2023,” tambahnya.

Dia pun meminta pemerintah daerah menciptakan beragam kegiatan yang mampu menarik minat serta memotivasi masyarakat untuk membaca.

“Dengan membaca dan menulis kita bisa mengenal dunia, maka jadikan buku sebagai kekuatan dalam hidup,” ujar dia lagi.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top