Ratusan Buruh Gelar Aksi Damai di Pintu Masuk Kantor DPRD Provinsi Lampung

WARTABARU.CON_Bandar Lampung – Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Provinsi Lampung melaksanakan peringatan 1 Mei atau biasa dikenal dengan sebutan May Day dengan menggelar Aksi Damai di Pintu Masuk Kantor DPRD Provinsi Lampung, Senin 1 Mei 2023.

Sulaiman Ibrahim, Ketua KSPI Provinsi Lampung mengatakan, aksi yang digelar pada hari ini meminta kepada Pemerintah Provinsi Lampung untuk menyampaikan aspirasi terkait buruh.

Kami minta, sahkan undang-undang tentang pekerja domestik. Itu sudah 15 tahun tidak diurus oleh pemerintah. Selanjutnya, upah harus standar upah minimum berdasarkan undang-undang nomor 13 itu yang kita perjuangkan,” ungkapnya saat diwawancarai.

Lebih lanjut, Sulaiman Ibrahim menyampaikan bahwa para buruh saat ini sudah memiliki partai sendiri yaitu Partai Buruh.

“Dan kami akan bergabung untuk memenangkan Partai Buruh, perjuangan kita tidak hanya di lapangan tapi kita perjuangkan juga di parlemen. Kami akan berjuang di parlemen, mulai dari sekarang dan seterusnya kita akan berjuang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Agus Nompitu yang menerima aspirasi para buruh menuturkan, akan menyampaikan aspirasi para buruh kepada Pemerintah Pusat.

“Pada siang hari ini, kami telah mendengarkan aspirasi utamanya terkait dari beberapa tuntutan, seperti uu cipta kerja, dan juga berbagai aspirasi yang disampaikan,” tuturnya.

Kemudian, pihaknya akan memastikan mengawal aspirasi para buruh.

“Bahwa kami (Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung) sehingga ini akan menyampaikan kepada Gubernur Lampung dan dari Gubernur Lampung akan menyampaikan kepada Pemerintah Pusat. Dan kami akan mengawal hal tersebut,” tegasnya.

Selanjutnya, Agus Nompitu juga menambahkan, pihaknya membuka seluas-luasnya bila ada keluhan atau hal-hal yang belum tersampaikan, ataupun ada hal-hal yang dirasakan ganjil dalam undang-undang tenaga kerja.

“Silahkan kami buka Laporan pengaduan secara terbuka di Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, dan pastikan kami akan turun melakukan pengawasan dan pemeriksaan,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top