Ratusan Randis Roda Dua Milik Pemkot Metro Tak Hadir Saat Pemeriksaan

WARTABARU.COM-Metro_Ratusan Kendaraan Dinas (randis) roda dua milik Pemerintah Kota (Pemkot) Metro tidak hadir pada saat pemeriksaan dan pengecekan yang berlangsung di halaman parkir Wisma Haji Al-Khairiyah, Kamis (25/3/2021).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro, Supriyadi mendampingi Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman menjelaskan, total keseluhan randis roda dua milik Pemkot Metro 677 unit, sementara yang hadir 564 unit, yang tidak bisa hadir 113 unit.

“Kita belum tau kenapa 113 unit tersebut belum bisa dihadirkan. Mungkin saja rusak atau ada di bengkel, mungkin juga karena sedang di gunakan untuk kepentingan pekerjaan kantor. Tapi hari senin besok (28/03/2021 red) kita minta sisanya tersebut bisa dihadirkan di halaman kantor BPKAD Metro,”, ujar Supriyadi.

“Saat itu-lah nanti kita tanyakan kepada pengurus atau pihak yang bertanggung-jawab di dinas bersangkutan, kenapa atau kemana randis tersebut. Itu-pun kalau memang unit tetap tidak bisa dihadirkan”, tambah Supriyadi.

Terkait masih banyaknya plat nomor polisi (nopol) randis tahun 2016 dan 2017, Supriyadi mengatakan bahwa sebagian ada yang belum bayar pajak, sebagian lagi ada juga yang sudah bayar pajak tapi sampai saat ini plat-nya belum dipasang atau belum di keluarkan oleh Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Metro.

“Kalau Platnya (nopol) belum keluar, kita minta dinas terkait untuk menayakan langsung ke Kantor Samsat. Nanti kita akan bantu komunikasi, karena Samsat kan bukan kewenangan Kabupaten Kota tapi kewenangan Propinsi”, jelasnya.

Sementara itu, adanya beberapa kendaraan yang sudah tidak layak pakai, sesuai dengan aturan masa manfaat dan real fisiknya, kendaraan tersebut segera di usulkan penghapusan oleh OPD terkait.

“Perintah pak Wakil dan pak Sekda tadi, untuk kendaraan yang sudah tidak layak pakai kita tunggu administrasi usulan penghapusan oleh dinas terkait, untuk nantinya di jual lelang”, tandas Supriyadi.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman menjelaskan, Pemeriksaan dan pengecekan kendaraan dinas (randis) milik Pemkot Metro adalah untuk memastikan kendaraan tersebut dalam kondisi layak pakai dan tidak ada masalah, mulai dari mesin kendaraan sampai dengan surat menyurat.

“Kita percayakan penggunaannya kepada mereka, kita harapkan mereka yang memakai randis tersebut bisa bertanggung jawab. Intinya, kita serahkan pada mereka sepenuhnya untuk merawat dan memperhatikan kondisi kendaraannya, itukan itu ada anggaran perawatan di OPD masing-masing”, ujar Qomaru Zaman. (DO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top