Tunggakan Iuran Lebih Dari 6 Bulan, Peserta JKN di Beri Keringanan

WARTABARU.COM-Metro_Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah dalam masa pandemi Covid-19, khususnya bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen PBPU dan PPU BU, saat ini ada program keringanan pembayaran tunggakan iuran di tahun 2020, Yaitu “Program Relaksasi iuran”.

Program tersebut di peruntukan bagi peserta JKN yang memiliki tunggakan iuran di atas 6 bulan, dan dibuka hanya sampai dengan tanggal 25 Desember 2020.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro Sudiyanti, didampingi Husin Ali, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik dalam paparannya mengatakan.

“Untuk mengaktifkan lagi status kepesertaan JKN bagi masyarakat yang menunggak iuran lebih dari dari enam bulan, cukup membayar 6 bulan tunggakan saja dan 1 bulan iuran bulan berjalan”, jelas Sudiyanti.

Sementara itu, jika ada sisa tunggakan, bisa dilunasi dengan cara mencicil setiap bulan sesuai kemampuan keuangan masing-masing.

“Jika masih ada sisa tunggakan, kita sepakati, peserta JKN tersebut mampu mencicil berapa perbulannya”, tutur Sudiyanti kepada media di aula kantor BPJS Metro, Kamis (10/09/2020).

Pendaftaran Program Relaksasi ini dibuka sampai dengan tanggal 25 Desember 2020, sedangkan batas waktu mencicil sampai dengan Desember 2021.

Pendaftaran program relaksasi tunggakan iuran untuk segmen PBPU dan BP dapat melalui aplikasi mobile JKN, Kantor Cabang BPJS Kesehatan, dan Care Center di 1500 400. Sedangkan untuk segmen Badan Usaha dapat melalui aplikasi edabu BPJS Kesehatan.

Sudiyanti menambahkan, bagi peserta JKN-KIS mengikuti program relaksasi harus mendaftarkan terlebih dahulu, “seperti contoh, Hari ini peserta daftar besok akan di proses melalui sistem dan muncul tagihan dengan program relaksasi, apabila tidak didaftarkan akan tetap keluar tagihan normal nya bukan dengan program relaksasi,”pungkas nya.

Untuk informasi lebih mengenai program relaksasi, Peserta JKN-KIS bisa hubungi call center dan informasi lain nya melalui sosial media BPJS kesehatan dibawah ini :

 

Twitter : @BPJSKesehatanRI

Instagram : @bpjskesehatan_ri

Facebook : BPJS Kesehatan

Youtube : BPJS Kesehatan

Kompasiana : BPJS Kesehatan

Kaskus : bpjskesehatan.

WARTABARU.COM (D0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top