Pemkab Lamteng Akan Launching Program New Normal Life

WARTABARU.COM-Gunung Sugih_Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng) bersama TNI dan Polri dalam waktu dekat ini akan melaunching program “new normal life” ditengah Covid-19.

Hal itu sebagai tindaklanjut kebijakan pemerintah pusat yang akan menerapkan program new normal life, atau kehidupan normal dengam cara baru dibeberapa Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Penjelasan itu disampaikan Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto, didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Otniel dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulau Raya, Hasril Syahdu, saat melakukan Konfrensi Pers di Omah Kayu Bumi Mas Kecamatan Seputih Agung, Jum’at (29/5/2020).

Loekman mengatakan, pemerintah daerah akan melakukan sosialisasi sampai ketingkat kampung agar masyarakat Lampung Tengah paham dengan aturan new normal life yang akan diterapkan pemerintah pusat.

“2 Juni 2020 nanti kita bersama TNI dan Polri akan melaunching program new normal life. Harapannya masyarakat bisa memahami apa yang harus dipatuhi. Syarat utamanya gunakan maker saat keluar rumah atau beraktivitas, dan selalu berpedoman pada protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” harapnya.

Bupati juga meminta masyarakat agar tidak menolak pasien terkonfirmasi Covid-19 yang telah sembuh. Sebab, untuk menyatakan pasien Covid-19 betul-betul sembuh harus melalui pemeriksaan swab sebanyak dua kali dan dinyatakan negatif. Sehingga pasien yang sudah sembuh tidak lagi membawa virus tersebut.

“Saya harap masyarakat tidak menolak mantan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang telah sembuh. Perlu dipahami masyarakat bahwa virus corona tidak mematikan, yang mematikan adalah penyakit bawaannya. Itu yang harus kita pahami bersama,” katanya.

Pihaknya juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa kesehatan adalah kepentingan diri kita masing-masing. Pemerintah hanya bisa membantu saat yang bersangkutan terpapar Covid-19.

“Ini harapan kita selaku pemangku kepentingan dibidang kesehatan. Saya harap masyarakat ikut bertanggung jawab terhadap kesehatan dirinya sendiri. Jangan berpendapat bahwa itu tugas pemerintah. Ayo laksanakan kehidupan normal dengan cara baru ini dengan mentati protokol kesehatan yang baku,” ungkap bupati.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan rutin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

“Gunakan masker jika ingin berpergian, dan selalu jaga jarak dari kerumunan yang melibatkan orang banyak. Dan yang lebih penting kita harus banyak-banyak berdoa agar kita semua mendapat berkah kesehatan dari Allah SWT,” pungkasnya. (Gen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top