Aplikasi Raqib Atid Ganti Nama Usai Raib dari Google

Aplikasi Raqib Atid Ganti Nama Usai Raib dari GoogleIlustrasi aplikasi Raqib Atid. (Aplikasi Raqib Atid)

WARTABARU.COM – Aplikasi android yang diklaim dapat mencatat dosa dan pahala, Raqib Atid, berganti nama menjadi Muhasabah. Nama diubah sebab pembuat aplikasi, Mahfud Fauzi mendapatkan sejumlah masukan dari penggunanya.

“Iya sekarang sudah berganti nama menjadi Muhasabah,” kata Mahfud melalui pesan singkat, Sabtu (16/5).

Mahfud mengatakan sejak merilis Raqib Atid dalam bentuk aplikasi, banyak pihak salah paham. Atas dasar itu ia juga sempat menarik aplikasinya dari pasaran sehingga tak muncul pada Google Play Store sejak Senin (11/5) lalu.

Seperti diketahui, Raqib merupakan nama malaikat yang bertugas menulis segala amalan kebaikan manusia. Sementara Atid nama malaikat dengan tugas mencatat segala amalan keburukan manusia.

“Soalnya kemarin banyak yang salah paham dan banyak user menyarankan untuk mengganti nama,” kata dia.

Mahfud mengatakan nama baru tersebut kini sesuai dengan tujuan dibuatnya aplikasi. Muhasabah bisa diartikan bagian dari introspeksi diri dalam Islam yang ditujukan buat kebenaran.

Ia juga menyampaikan dengan nama baru tersebut kini tidak banyak pihak yang berkomentar negatif terhadap aplikasi buatannya.

“Jadi ada yang positif dan ada yang negatif, tapi yang negatif sudah berkurang,” ucap dia.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan aplikasi dengan nama Muhasabah itu sudah kembali tersedia di Play Store sejak Rabu (13/5) kemarin. Terkait teknis penggunaan, ia menyebut masih sama seperti sebelumnya.

Hingga hari ini Muhasabah telah diunduh lebih dari 10 ribu orang dan memperoleh 3,8 bintang. “Tapi untuk keyword mau nyari muhasabah, tetap gunakan Raqib Atid biar mudah ketemu,” kata Mahmud. (ryh/jal)