Menkominfo Ungkap Banyak Peserta MWC 2020 Takut Virus Corona

Menkominfo Ungkap Banyak Peserta MWC 2020 Takut Virus CoronaMenkominfo Jhonny Plate. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)

WARTABARU.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan saat bertemu dengan Head of Asia Pasific GSMA Julian Gorman menyebut ada beberapa peserta meminta Mobile World Congress (MWC) 2020 dijadwal ulang akibat wabah virus corona.

GSMA sendiri merupakan penyelenggara MWC 2020 di Barcelona, Spanyol yang dijadwalkan akan menggelar acara pameran mulai tanggal 24-27 Februari 2020.

“Mereka [GSMA] akan melakukan GSMA Conference di Barcelona, tanggal 20-an dan bersamaan dengan outbreak nCoV [virus corona novel] di China, banyak yang [meminta] menjadwal ulang,” kata Johnny kepada awak media saat ditemui di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Senin (10/2).

Selain itu, pihak GSMA juga meminta Johnny untuk hadir di MWC 2020. Sayangnya, ia tidak bisa hadir karena ada sejumlah pertemuan.

“Mereka tanya, apakah saya bisa ke sana [MWC 2020], mereka berharap saya ke sana tetapi saya tidak bisa karena ada banyak pertemuan,” tutur Johnny.

Sebelumnya, beberapa perusahaan teknologi raksasa dunia seperti LG Electronics, NVIDIA, dan Amazon mengumumkan bahwa mereka mengundurkan diri dari MWC 2020 untuk mencegah terjangkitnya virus corona.

Sebab, Kantor Administrasi Keimigrasian Nasional China mengatakan rekomendasi untuk menunda perjalanan ke luar negeri dikeluarkan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan warga China dan juga warga asing.

[Gambas:Video CNN]

“Dengan memutuskan keselamatan karyawan dan masyarakat umum, LG telah memutuskan untuk menarik diri dari MWC 2020 akhir bulan ini di Barcelona, Spanyol. Perusahaan juga mengimbau karyawan untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, yang disarankan oleh sebagian besar pakar kesehatan,” kata juru bicara LG.

Menanggapi mundurnya sejumlah perusahaan teknologi, GSMA selaku penyelenggara MWC 2020 pun memaklumi dan menghormati keputusan perusahaan.

“Kami tahu bahwa virus corona telah menyebabkan gangguan, khususnya bagi para peserta pameran dari seluruh dunia. GSMA berupaya meyakinkan peserta MWC 2020 bahwa kesehatan dan keselamatan mereka menjadi perhatian utama kami,” tulis pihak GSMA melalui situs resmi MWC 2020.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top