Telkom Tanggapi Netflix Sempat Bisa Diakses via Indihome

Telkom Tanggapi Netflix Sempat Bisa Diakses via IndihomeIlustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Daniela)

WARTABARU.COM – Sejumlah netizen di Twitter mencuitkan kalau layanan video on demand Netflix bisa diakses di Indihome beberapa saat pada Senin (13/1) kemarin.

Vice President Corporate Communications Telkom, Arif Prabowo memberi komentar terkait peristiwa tersebut. Dia menyebut pihaknya sedang melakukan pemeriksaan terkait jaringan. Dia juga mengklaim sampai saat ini layanan video streaming Netflix tidak bisa diakses melalui Indihome maupun Telkomsel.

Hal itu ia sampaikan akibat desas-desus Netflix diduga bisa diakses melalui salah satu penyedia layanan internet milik TelkomGroup itu.

“Sampai dengan saat ini, Netflix tidak bisa diakses melalui Indihome maupun Telkomsel,” kata Arif saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (13/1).

“Saat ini sedang kita konsolidasikan di jajaran operasional untuk melakukan pengecekan ulang di seluruh level jaringan TelkomGroup bahwa kebijakan perusahaan belum ada perubahan terkait pembatasan akses Netflix,” sambungnya.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

Pemakaian layanan Netflix menggunakan jaringan Indihome dapat dilakukan selama beberapa saat. Namun, sebagian lainnya mengatakan layanan video-on-demand itu sudah tidak bisa lagi diakses hari ini.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

Aksi blokir Netflix yang dilakukan TelkomGroup sempat berbuntut panjang. Pasalnya, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) sampai ikut andil karena diduga ada persaingan tidak sehat atau kecurangan yang dilakukan Telkom.

Hal ini lantaran para anak usaha bekerja sama dengan layanan streaming lain, misalnya Telkomsel dengan Hooq dan IndiHome dengan iFlix.

Head of Communications Netflix SEA Leigh Wong mengatakan pihaknya terus melakukan pembicaraan dengan Telkom untuk mencapai kesepakatan. Namun Wong tak mau berbicara secara gamblang terkait pembicaraan tersebut.

“Kami terus melakukan negosiasi dengan Telkom. Jika sudah ada kabar terbaru, kami akan bagikan,” kata dia usai bertemu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarin di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (9/1).

Sementara itu, GM External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim mengatakan hingga saat ini layanan Netflix masih belum tersedia di jaringan Telkom Group.

Meski begitu, Aldin menyebut Telkomsel dan Telkom Group terbuka untuk melakukan kerjasama dengan berbagai platform video streaming.

“Hingga saat ini layanan Netflix belum tersedia di jaringan Telkom Group termasuk Telkomsel, dikarenakan masih belum tercapainya kesepakatan antara Telkom Group dan Netflix,” tulis Aldin melalui keterangan rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (9/1).

“Telkomsel dan Telkom Group sangat terbuka untuk berpartner dengan berbagai pihak penyedia layanan aplikasi video, demi menyajikan konten layanan yang berkualitas dengan mengedepankan perlindungan kepentingan pelanggan dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” sambungnya.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top