Biaya Sewa Parkir Buat Solusi Warga Depok Tanpa Garasi

Biaya Sewa Parkir Buat Solusi Warga Depok Tanpa GarasiPenyewaan lahan parkir di Depok. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

WARTABARU.COM – Menyewa lahan parkir umum menjadi salah satu solusi praktis buat Anda yang punya mobil tapi tak punya garasi. Biaya buat sewa lahan parkir bisa beragam berdasarkan penuturan pengusaha yang melakoni bisnis seperti ini.

Misalnya pemilik lahan parkir di wilayah Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Fathahilah. Dia mengatakan biaya per bulan parkir mobil di lahannya Rp400 ribu.

“Di sini ada juga Rp300 ribu, tapi pilihannya tidak pakai atap. Kalau yang Rp400 ribu ibaratnya kan pakai sangkar biar tidak langsung kena matahari atau hujan,” kata Fathahilah saat diajak berbincang, Senin (13/1).

Saat ini dia mengaku lahan parkirnya sudah terisi penuh. Ada 18 mobil yang terdata menjadi sebagai penyewa yang merupakan warga berkediaman di Jalan Agung Raya 2, RT 08, RW 09.

“Sekarang penuh, ada 18 yang langganan,” katanya.

Menurut penuturan Fathahilah, tidak ada fasilitas khusus kepada para penyewa. Fasilitas keamanan pun hanya berupa pagar yang dapat dibuka dan tutup sendiri oleh masing-masing pemilik mobil.

“Tidak pakai security gitu sih, ya seperti ini saja. Mereka bisa buka sendiri pagarnya kalau mau masukin atau keluarin mobil,” ucapnya.

Tidak jauh dari lokasi Fathahilah, tempat sewa parkir lainnya juga memberi harga per unit mobil Rp400 ribu per bulan. Namun di lokasi ini ada fasilitas tambahan yakni petugas jaga keamanan 24 jam.

Penjaga area parkir yang bernama Kurdi mengatakan tempatnya itu mampu menampung 30 mobil dan semuanya sudah mendapat fasilitas atap yang kerangkanya terbuat dari baja ringan.

“Tapi sekarang sudah penuh, ini saja ada beberapa mobil yang tidak kebagian pakai atap. Terus di sini dijagain 24 jam,” kata Kurdi.

Selain itu Kurdi mengatakan lahan parkir tersebut juga memberi fasilitas air gratis buat para penyewa yang ingin mencuci mobil sendiri.

“Tapi kalau mau dicuciin bayar Rp30 ribu. Di sini juga ada montir, kalau mobil rusak bisa langsung dibetulin. Terima servis juga. Kalau yang punya lahan sih ini ada orang Jakarta, daerah Kebayoran,” kata Kurdi.

Parkir Dekat Stasiun Kereta Api

Selain sewa lahan parkir di pemukiman warga, ada pilihan lain yaitu di area dekat stasiun kereta. Namun harga yang ditawarkan terbilang mahal, lantaran belum keistimewaan seperti skema langganan.

Tarif per malam di tempat itu Rp45 ribu seperti di Gedung Parkir Cahaya Bersaudara dekat dengan Stasiun Depok Baru. Artinya jika digunakan dalam sebulan setidaknya kita harus merogoh kocek Rp1,35 juta.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top