Dinkes Sulsel minta waspadai munculnya wabah penyakit akibat banjir

Dinkes Sulsel minta waspadai munculnya wabah penyakit akibat banjirWakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (dua kiri) memberikan bantuan bagi korban banjir Sulsel 2019.ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

WARTABARU.COM – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan meminta setiap daerah untuk lebih mewaspadai kemungkinan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah penyakit saat ataupun pascabanjir.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel dr Nurul di Makassar, Minggu, mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan Dinkes di 24 kabupaten/kota untuk rutin melakukan penyuluhan dan sebagainya.

"Jadi kami (memasuki musim penghujan) sudah meminta ke Kabupaten/ Kota untuk siaga atas kemungkinan munculnya kejadian kasus penyakit termasuk KLB," ujarnya.

Pada hari ini, empat kabupaten di Sulawesi Selatan terkena banjir akibat hujan yang turun dengan intensitas yang cukup tinggi yakni di Parepare, Kabupaten Barru, Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap).

Ia mengingatkan bagi warga yang daerahnya terdampak banjir maka harus memperhatikan beberapa hal agar tidak terkena penyakit saat banjir ataupun setelah banjir surut.

Pertama, kata dia, sedapat mungkin mengurangi aktivitas yang tidak perlu diluar rumah, menjaga kesehatan termaauk konsumsi makanan sehat dan bergizi.

"Hal itu penting dilakukan khususnya bagi orang tua dan anak-anak yang rentan terserang penyakit saat banjir," jelasnya.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top