Alasan Kominfo Imbau Netflix Original Tak Dulu hadir di RI

Alasan Kominfo Imbau Netflix Original Tak Dulu hadir di RIMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

WARTABARU.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate kembali menegaskan agar Netflix lebih mengutamakan penayangan film dari sineas dalam negeri dibanding Netflix Original.

Netflix Original adalah film layar lebar, film seri, dan program acara yang didanai langsung oleh Netflix dan hak cipta pun dimiliki Netflix. Konten bisa berupa film dalam negeri maupun luar negeri.

Ke depannya, Johnny berharap Netflix turut membuat Netflix Original karya anak bangsa. Namun sebelum itu, Netflix harus memprioritaskan film karya anak bangsa non Netflix Original. Intinya, Netflix jangan dulu membawa Netflix Original ke Indonesia.

“Netflix juga mendorong film original sineas indonesia sebelum di kemudian hari tentu ada Netflix Original indonesia,” ujar Johnny kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/1).

“Berikan kesempatan kepada sineas Indonesia menghasilkan karya film sekaligus mempunyai hak cipta atas film hasil karyanya tersebut,” lanjutnya.

Johnny mengatakan imbauan agar Netflix Original tak masuk Indonesia merupakan upaya agar sineas Indonesia turut memiliki hak cipta terhadap karyanya.

“Pada saat di mana film Netflix Original (karya) Indonesia dihasilkan dan ditayangkan, maka hak cipta tidak lagi pada sineas Indonesia, tetapi sudah beralih menjadi hak cipta Netflix walaupun film dibuat oleh sineas Indonesia,” ujar Johnny.

[Gambas:Video CNN]Ia mengapresiasi apabila Netflix bekerja sama dengan sineas Indonesia untuk mengedarkan film Indonesia.

“Harapannya tentu agar Netflix mengedarkan film original sineas Indonesia di samping film Netflix Original yang sudah banyak ditayangkan,” kata Johnny.

Sebelumnya, Johnny menyatakakn agar Netflix tidak menghadirkan film Netflix Original. Netflix diharapkan lebih memprioritaskan film-film anak bangsa dibandingkan film Netflix Original.

“Kita minta Netflix Original jangan dulu di Indonesia, gunakan dulu hasil kreativitas anak Indonesia sendiri dulu, kalau bisa,” kata Johnny.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top