Cerita Tantangan ‘Luar Biasa’ Jadi Sopir Mobil Dinas Jokowi

Cerita Tantangan 'Luar Biasa' Jadi Sopir Mobil Dinas JokowiMobil dinas Presiden Joko Widodo (Jokowi) (CNN Indonesia/ Safir Makki)

WARTABARU.COM – Tidak semua orang memahami bahwa mengemudi adalah pekerjaan berat sebab tugas utama sopir adalah memastikan semua penumpang selamat sampai tujuan. Beban bakal menjadi tidak terbayangkan bila bertugas sebagai pengemudi mobil dinas presiden dan setiap hari menyopiri orang nomor satu di Indonesia saat ini, Joko Widodo (Jokowi).

Cerita pengalaman menjadi sopir mobil dinas Jokowi diungkap oleh Zulkarnain, pengemudi mobil dengan pelat nomor ‘RI 1’. Kisahnya diulas di video bertajuk “Makna Pergantian Tahun Bagi Orang-Orang di Sekitar Presiden Jokowi, 31 Desember 2019” yang diunggah akun Sektretariat Presiden di You Tube pada hari terakhir jelang 2020.

Selama menjadi sopir Jokowi, Zulkarnain mengatakan mendapatkan banyak pengalaman seru. Salah satu pengalaman yang dia ceritakan yakni perjalanan jauh.

“Pengalaman seru saya selama membawa bapak presiden, perjalanan jauh,” kata Zulkarnain.

Jokowi bekerja membawa masalah negara yang seharusnya tidak terganggu soal transportasi, ini bisa jadi tugas berat buat sopir untuk memastikan perjalanan darat bukan hanya aman, lancar, tetapi juga nyaman. Menurut Zulkarnain tantangan perjalanan jauh adalah menjaga konsentrasi.

“Tantangan luar biasa karena perjalanan jauh kami itu butuh konsentrasi. Karena kalau tidak konsentrasi kita rawan. Karena yang dibutuhkan bawa Presiden itu kan nyaman dan keamanan,” kata Zulkarnain.

Sejak menjabat sebagai presiden pada periode pertama, Jokowi diketahui menggunakan mobil dinas sedan Mercedes-Benz S600 Guard produksi 2008. Pada tahun lalu mobil warisan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut dinilai tidak layak digunakan sebab sudah berusia lebih dari 10 tahun oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

[Gambas:Video CNN]

Kemensetneg sudah menggelar pengadaan mobil dinas presiden yang baru buat Jokowi yakni Mercedes-Benz S600 Guard (V222) produksi 2019. Mobil itu dijadwalkan mulai digunakan pada 2020.

Lebih lanjut, Zulkarnain yang dalam video mengenakan kemeja lengan pendek bertuliskan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) itu turut menyampaikan harapan kepada Jokowi.

“Harapan saya untuk bapak Presiden semoga sehat selalu untuk memimpin negara ini seperti periode pertama, pembangunan dan membangun,” kata Zulkarnain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top