LIPI lakukan penelitian sampah plastik di perairan Indonesia

LIPI lakukan penelitian sampah plastik di perairan IndonesiaPelaksana tugas Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam LIPI, Nugroho Dwi Hananto saat diwawancarai awak media. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

WARTABARU.COM – Pelaksana tugas Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nugroho Dwi Hananto mengatakan sampai saat ini masih melakukan penelitian terkait sebaran sampah plastik maupun kandungan mikroplastik yang diduga cukup banyak mencemari perairan Indonesia.

"Penelitian ini juga menguji adanya anggapan Indonesia sebagai negara produsen sampah plastik kedua terbesar di dunia ke laut," kata Nugroho di Jakarta, Selasa.

Untuk menguji anggapan tersebut, LIPI telah melakukan riset selama 37 hari terhitung 18 November hingga 25 Desember di sejumlah titik perairan Indonesia.

Dari penelitian tersebut, LIPI mengambil sampah plastik serta sejumlah sampel air dengan menggunakan botol khusus di empat titik selatan Jawa dan selat Makasar pada kedalaman yang berbeda-berbeda antara 2.000 hingga 3.000 meter.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top