Honda Mulai Ekspor Sepeda Motor ke Luar Asia

Honda Mulai Ekspor Sepeda Motor ke Luar AsiaKaryawan AHM sedang merakit sepeda motor baru Honda PCX warna Sophisticated Matte Silver di plant Sunter – Jakarta. (Dok. Astra Honda Motor)

WARTABARU.COM – Astra Honda Motor (AHM) melaporkan telah memulai ekspor sepeda motor dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) alias terurai untuk pertama kalinya ke luar Asia. Motor yang diekspor merupakan skutik PCX dan negara yang dituju adalah Brazil.

Menurut AHM, ekspor PCX ke Brazil bagian dari rangkaian ekspor CKD dan Completely Built Up (CBU) pada tahun ini. Sepanjang Januari hingga November AHM telah melakukan ekspor 321.620 set CKD motor dan 279.716 unit CBU.

“Kami melakukan ekspor perdana ke Brazil pada kuartal terakhir tahun ini. Ini ekspor perdana kami ke negara di luar Asia. Kami harap ke depan bisa berkembang lebih luas, baik dari sisi negara tujuan maupun produknya,” kata General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet, melalui keterangan resmi.

Lima anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia sudah mengekspor motor buatan Indonesia secara CBU sebanyak 750.183 unit selama 11 bulan pada tahun ini. Jenis motor yang terbanyak diekspor CBU adalah skutik 561.076 unit.

Pada November, AHM mengekspor 33.704 unit terdiri dari model terlaris Vario 125 sebanyak 13.536 unit dan Beat 13.008 unit. Ekspor CBU motor Honda mewakili 37,2 persen, sedangkan kontribusi nasional lainnya berasal dari Yamaha, Kawasaki, Suzuki, dan TVS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top