RI Siapkan Rp1,6 T Bangun Uji Tabrak dan Mobil Listrik 2020

RI Siapkan Rp1,6 T Bangun Uji Tabrak dan Mobil Listrik 2020Ilustrasi uji tabrak. (Honda Prospect Motor)

WARTABARU.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dijadwalkan membangun fasilitas uji tabrak, uji guling, dan mobil listrik pada 2020. Dana yang dianggarkan pemerintah pada proyek ini Rp1,6 triliun.
”Jadi sekalian kami buat uji tabrak dan uji guling,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi saat dihubungi Kamis (19/12).
Menurut Budi dana itu termasuk untuk pembuatan fasilitas pengujian kendaraan listrik. Khusus kendaraan listrik fasilitas yang dibangun pemerintah berupa tanjakan dan lintasan genangan air.
Budi bilang fasilitas itu bakal dibangun di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), Bekasi, Jawa Barat.


Fasilitas ini rencananya bakal masuk proses lelang awal tahun depan. Sedangkan aturan yang digunakan mengikuti ketentuan United Nation Regulation (UNR).
”Jadi nanti sekalian mobil listrik akan diuji di sana,” ucap dia.
Budi menyebutkan rencana pemerintah membuat fasilitas itu sudah mendapat respons baik dari Agen Pemegang Merek (APM). Targetnya semua kendaraan yang diproduksi di Indonesia untuk pasar domestik dan luar negeri dapat melalui pengujian di negara sendiri.

[Gambas:Video CNN]
”Jadi operator kami sendiri. Lalu untuk mobil impor yang dipasarkan di Indonesia, kalau belum uji tabrak dan segala macem bisa dilakukan di sini,” kata Budi.
Budi menambahkan fasilitas ‘outdoor’ ini dapat dimanfaatkan produsen, namun biayanya di luar tarif uji tipe mobil sekitar Rp50 juta-an.
”Jadi nanti ada PNBP (penerimaan negara bukan pajak) untuk fasilitas ini. Berapa tarifnya belum kami susun,” kata Budi.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top