Polres Malang siapkan rekayasa lalu lintas saat libur Natal

Polres Malang siapkan rekayasa lalu lintas saat libur NatalIlustrasi – Pengendara mobil antre saat melewati gerbang jalan tol Malang-Pandaan, Singosari, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/6/2019). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

WARTABARU.COM – Kepolisian Resor (Polres) Malang menyiapkan skema rekayasa arus lalu lintas khususnya pada area yang memiliki potensi kemacetan tinggi, seperti di simpang empat Karanglo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, simpang empat Karanglo yang berdekatan dengan gerbang tol Singosari, merupakan salah satu simpul kemacetan pada saat libur panjang, karena meningkatnya volume kendaraan dari tol Pandaan-Malang.

"Potensi kemacetan sangat tinggi, kami sudah menyiapkan cara untuk mengurai kemacetan tersebut," kata Ujung, usai melakukan Rapat Koordinasi Operasi Lilin Semeru 2019, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa.

Ujung menjelaskan, jika terjadi kemacetan panjang dari arah Surabaya menuju Malang akibat penumpukan kendaraan pada gerbang tol Singosari, pihaknya bersama Jasa Marga Pandaan-Malang akan mengalihkan arus kendaraan yang ada.

Menurut Ujung, arus kendaraan yang mengarah ke gerbang tol Singosari, akan dialihkan untuk keluar di gerbang tol Lawang, atau gerbang tol Pakis. Sementara jika penumpukan kendaraan terjadi saat menuju gerbang tol Singosari, maka akan dialihkan ke arah Lawang.

"Jika antrean tol mencapai kilometer tertentu, akan kita alihkan ke Pakis atau Lawang. Demikian juga yang akan masuk tol Singosari, jika padat, akan kita alihkan ke arah Lawang," kata Ujung.

Ujung mengimbau kepada seluruh pengguna jalan tol, untuk menyiapkan uang elektronik yang dipergunakan untuk transaksi pembayaran tol. Hal tersebut perlu dilakukan, mengingat potensi antrian panjang bisa terjadi saat pengendara harus melakukan isi ulang uang elektronik.

Namun, pihak Jasa Marga Pandaan-Malang tetap menyiapkan layanan isi ulang uang elektronik pada gerbang tol Singosari untuk keadaan mendesak, dengan menyiapkan satu jalur khusus.

"Masyarakat diimbau untuk menyiapkan uang elektronik, dan mengisi saldo. Karena bisa menghambat arus lalu lintas jika harus melakukan isi ulang," kata Ujung.

Pada libur lebaran lalu, PT Jasa Marga Pandaan-Malang mencatat jumlah kendaraan melintas pada tol yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tersebut mencapai 16.000 kendaraan per hari.

Ruas jalan tol Pandaan-Malang terbagi dari lima seksi, pada seksi satu menghubungkan Pandaan dengan Purwodadi di Kabupaten Pasuruan. Kemudian pada seksi dua, Purwodadi menuju Lawang, Kabupaten Malang, dan seksi tiga Lawang menuju Singosari Kabupaten Malang.

Sementara untuk seksi empat dari Singosari menuju Pakis Kabupaten Malang, dan seksi lima, Pakis menuju Kota Malang. Untuk seksi lima, hingga saat ini pembangunan masih belum rampung, akibat terkendala pembebasan lahan.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top