Bocoran Suzuki Baleno RS ‘Facelift’ yang Mau Meluncur

Bocoran Suzuki Baleno RS 'Facelift' yang Mau MeluncurSuzuki Baleno RS. (Dok. nexaexperience.com)

WARTABARU.COM – Jelang pergantian tahun Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih memiliki amunisi peluncuran mobil baru. Berdasarkan undangan resmi untuk media, SIS menyatakan bakal meluncurkan mobil baru pada 20 Desember 2019 yang sudah diketahui merupakan Baleno facelift.

Generasi baru Baleno yang berubah dari sedan menjadi hatchback telah meluncur di Indonesia pada Agustus 2017. Mobil ini diimpor dari India dan posisinya menggantikan Swift di dalam negeri.

Baleno facelift sudah meluncur di India pada Januari 2019. Perubahan yang dialami di antaranya terletak pada bumper depan termasuk reposisi lampu kabut, pelek, gril, dan sistem hiburan Smartplay Studio.

Sumber tenaga gerak Baleno facelift di India masih sama, yakni mesin bensin 1.200 cc dan diesel 1.300 cc berikut opsi transmisi manual dan CVT. Fitur Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Isofix, sensor parkir merupakan opsi standar.

Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, Baleno facelift diketahui sudah berada di salah satu dealer di Jakarta. Versi Baleno facelift yang sudah dipajang itu disebut varian RS, ini menjelaskan tampangnya yang berbeda dari versi reguler di India.

RS merupakan varian sporty Baleno. Sedari awal SIS hanya menjual Baleno varian ini di Indonesia dan sepertinya bakal diulang lagi ke versi facelift.

Dari foto-foto yang muncul di media sosial, Baleno facelift varian RS punya tampang lebih serius ketimbang reguler. Bagian bumper didesain seolah punya jalur udara lebih besar namun ditutup kisi-kisi hitam.

[Gambas:Instagram]

Terlihat juga mobil ini memiliki semacam positioning lamp atau daytime running light pada lampu depan dan peleknya sama seperti varian reguler di India.

Head of Brand Development and Marketing Research 4W SIS Harold Donnel yang dihubungi belum mau mengonfirmasi tentang penampakan Baleno facelift di media sosial. Dia hanya menyebut, “Tunggu tanggal mainnya saja ya 20 [Desember]”.

Sementara itu seorang sumber dari SIS menjelaskan Baleno yang bakal meluncur pada 20 Desember 2019. Dia mengakui ‘beberapa’ unit sudah disalurkan ke dealer-dealer resmi sebagai barang pajangan atau nantinya untuk digunakan buat kepentingan test drive.

Sumber juga mengatakan, walau Baleno RS facelift di India hanya tersedia dengan mesin 1.000 cc, versi di Indonesia tetap memakai mesin 1.400 cc seperti sebelumnya.

“Jadi yang di kita masuknya itu edisi RS … Baleno yang sekarang [masih dijual] juga RS,” sebut sumber.

SIS pernah menyebut Baleno RS hadir di Indonesia buat bersaing dengan Toyota Yaris TRD Sportivo. Toyota menjual Yaris TRD Sportivo dengan harga RpRp272,6 juta dan Rp284,4 juta, sedangkan Baleno RS saat ini dijual jauh lebih murah yakni Rp218 juta dan Rp230,5 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top