Peran Joe Surya di Pesawat Garuda Masih Tanda Tanya

Peran Joe Surya di Pesawat Garuda Masih Tanda TanyaIlustrasi Harley-Davidson selundupan. (BNU ANJAR / AFP)

WARTABARU.COM – Direktorat Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjelaskan belum bisa memastikan keterlibatan nama Joe Surya dalam kasus penyelundupan satu unit moge Harley-Davidson bekas yang melibatkan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra (Ari Ashkara).

Nama Joe Surya muncul dalam daftar 21 penumpang pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 yang mengangkut motor itu. Joe Surya diketahui merupakan nama Chairman Nusantara Group yang memiliki banyak anak perusahaan di bidang otomotif, termasuk pengimpor resmi dan dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia.

Kepala Sub Direktorat Hubungan Masyarakat Bea Cukai Deni Surjantoro memaparkan kasus penyelundupan Harley-Davidson jenis FLH Electra Glide Shovelhead dalam bentuk terurai itu saat ini dilakukan oleh tim khusus Bea Cukai dari Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Penyelidikan itu disebut belum sampai ke tahap dugaan keterlibatan Joe Surya.

Deni menyadari ada nama Joe Surya dalam daftar 21 penumpang, namun dia belum bisa memastikan yang dimaksud merupakan bos Nusantara Group.

“Kami belum tahu karena hasil pemeriksaan belum masuk ke kami,” kata Deni saat dihubungi melalui telepon, Jumat (6/12).

Deni juga mengatakan ia tak bisa berspekulasi apakah penyelidikan bakal mendalami keterlibatan Joe Surya dalam kasus ini.

“Itu [penyelidikan Joe Surya] saya tidak bisa spekulasi karena menunggu tim yang sedang atau masih bekerja,” ucapnya.

Keberadaan Joe Surya turut menjadi perhatian, sebab ia merupakan bos Legenda Motor, perusahaan pengimpor motor-motor Harley-Davidson ke dalam negeri. Legenda Motor merupakan penyuplai ke enam dealer resmi Harley-Davidson di Sumatera, Jawa, dan Bali.

Nusantara Group diketahui juga berperan sebagai pengimpor motor BMW Motorrad dan mobil Renault. Selain itu entitas ini juga punya sejumlah dealer merek otomotif seperti Mazda, Mitsubishi, Mini, BMW, Daihatsu, Kia, BMW Motorrad, dan Renault.

CNNIndonesia.com sudah mencoba meminta konfirmasi dari Joe Surya namun sampai saat ini belum ada respons.

Daftar nama penumpang Garuda Indonesia Airbus A330-900 yang mengangkut Harley-Davidson selundupan:1. I Gusti Ngurah Askhara (Ari Ashkara)2. I Gusti Ayu Rai Dyana Dewi3. Iwan Joeniarto 4. Etty Rasfigar5.Ratih Agustanti6. Mohammad Iqbal 7. Retno Bayusari Sukradewi8. Heri Akhyar9. Widyasih Tumono10. Diah Seruni Rizqiana Wulansari11. Lokadita Sedimesa Brahmana12. Simon Theo Pimpin Nainggolan13. Satyo Adi Swandhono14. Nova Wijayanti Ponardi15. Muhammad Fuad Rasyidi16. Sugiono17. Martha Emyua Taurisia18. Judis Priastono Utama19. Joe Surya20. Alberto Blanco Lopez21.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top