Lubang Hitam ‘Monster’ Lebih Besar dari Matahari Ditemukan

Lubang Hitam 'Monster' Lebih Besar dari Matahari DitemukanIlustrasi. Foto pertama lubang hitam yang diabadikan. (Event Horizon Telescope Collaboration/Maunakea Observatories via AP)

WARTABARU.COM – Para ilmuwan telah menemukan “lubang hitam monster” yang begitu besar, yang secara teori tidak seharusnya ada.

Lubang hitam “monster” ini adalah lubang hitam bintang, jenis yang terbentuk setelah bintang mati, runtuh, dan meledak.

Para peneliti sebelumnya percaya bahwa batas ukuran lubang hitam tidak lebih dari 20 kali massa matahari, karena ketika bintang-bintang ini mati mereka kehilangan sebagian besar massanya melalui ledakan yang mengeluarkan materi dan gas tersapu oleh angin bintang.

Teori itu kini terbantahkan oleh LB-1, lubang hitam “monster” yang ditemukan.

Terletak sekitar 15 ribu tahun cahaya, lubang hitam ini memiliki massa 70 kali lebih besar dari matahari, menurut siaran pers dari Chinese Academy of Sciences.

Temuan ini dipublikasikan oleh para peneliti Tiongkok dalam jurnal Nature pada hari Rabu (27/11).

“Lubang hitam dengan massa seperti itu seharusnya tidak ada di galaksi kita, menurut sebagian besar model evolusi bintang saat ini,” kata Liu Jifeng, kepala tim yang membuat penemuan itu.

“LB-1 dua kali lebih besar dari apa yang kami pikir mungkin ada. Sekarang para ahli teori harus mengambil tantangan untuk menjelaskan pembentukannya.”

Para ilmuwan sekarang memutar otak bagaimana LB-1 bisa terbentuk begitu besar.

Tim China telah mengusulkan sejumlah teori. Ukuran tipis LB-1 menunjukkan bahwa itu “tidak terbentuk dari runtuhnya hanya satu bintang,” kata studi itu – sebaliknya, itu berpotensi menjadi dua lubang hitam yang lebih kecil yang saling mengorbit.

Kemungkinan lain adalah bahwa itu terbentuk dari “supernova fallback.” Ini adalah ketika supernova – tahap terakhir dari bintang yang meledak – mengeluarkan material selama ledakan, yang kemudian jatuh kembali ke supernova, menciptakan lubang hitam.

Formasi fallback ini secara teori memungkinkan, tetapi para ilmuwan tidak pernah bisa membuktikan atau mengamatinya.

Jika ini adalah bagaimana mula LB-1 terbentuk, maka kita mungkin memiliki “bukti langsung untuk proses ini” untuk pertama kalinya, kata penelitian tersebut.

LB-1 bukanlah lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan – tetapi mungkin yang terbesar dari jenisnya.

Ada beberapa jenis lubang hitam, dan lubang hitam bintang seperti LB-1 berada di sisi yang lebih kecil, menurut NASA.

Lubang hitam supermasif jauh lebih besar – mereka bisa miliaran kali massa matahari.

Para ilmuwan percaya lubang hitam supermasif dapat dihubungkan dengan pembentukan galaksi, karena mereka sering ada di pusat sistem bintang masif – tetapi masih belum jelas bagaimana tepatnya, atau bentuk mana yang pertama.

Penemuan ganda

Lubang hitam Stellar diyakini umumnya tersebar di seluruh alam semesta, tetapi mereka sulit dideteksi karena mereka biasanya tidak memancarkan sinar-X – hanya melakukannya ketika mereka melahap gas dari bintang yang telah berkelana cukup dekat.

Mereka begitu sulit dipahami sehingga para ilmuwan hanya menemukan, mengidentifikasi, dan mengukur sekitar dua lusin lubang hitam bintang, kata siaran pers.

Para peneliti di Chinese Academy of Sciences mencoba pendekatan yang berbeda. Alih-alih mencari sinar-X yang dipancarkan oleh lubang hitam, tim mencari bintang-bintang yang mengorbit beberapa objek tak terlihat, yang ditarik oleh gravitasinya.

Upaya mereka membuahkan hasil – mereka melihat bintang raksasa delapan kali lebih berat dari matahari, mengorbit di sekitar yang ternyata adalah LB-1.

“Penemuan ini memaksa kami untuk memeriksa kembali model kami tentang bagaimana lubang hitam massa-bintang terbentuk,” kata David Reitze, seorang ahli fisika di University of Florida.

Pada bulan Mei, tim Reitze membuat penemuan terobosannya sendiri – mengamati tabrakan bintang neutron dan lubang hitam yang belum pernah terlihat sebelumnya, yang mengirimkan riak-riak dalam ruang dan waktu.

Penemuan ganda ini – tabrakan, dan sekarang LB-1 – menunjukkan bahwa para ilmuwan sedang mencapai “kebangkitan dalam pemahaman kita tentang astrofisika black hole,” kata Reitze dalam siaran pers.

Ada beberapa penemuan lain selama setahun terakhir yang telah menambah pengembangan ini. Pada bulan Oktober, para peneliti menemukan apa yang mereka yakini sebagai jenis baru lubang hitam, yang lebih kecil dari jenis lainnya.

Dan awal minggu ini, para astronom menemukan lubang hitam yang sebenarnya membantu bintang-bintang bayi tumbuh, bukannya menghancurkan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top