Dispar Papua salurkan bantuan peralatan masak ke kelompok usaha wisata Biak

Dispar Papua salurkan bantuan peralatan masak ke kelompok usaha wisata BiakSekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Markus Mansnembra atas nama Gubernur Papua Lukas Enembe menyerahkan bantuan alat memasak kelompok usaha wisata,Rabu(6/11).(ANTARA/Muhsidin)

WARTABARU.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Papua memberikan bantuan peralatan memasak untuk keperluan membuat kuliner lokal, yakni keripik keladi, kepada kelompok usaha wisata di Kabupaten Biak Numfor untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

"Peralatan memasak bantuan Dispar ini merupakan aset kelompok wisata dan harus dijaga bersama sebagai barang penghasil uang," kata Sekretaris Daerah Biak Numfor Markus Mansnembra saat menyerahkan bantuan peralatan memasak bagi kelompok usaha wisata di Biak, Rabu.

Ia mengakui, ketika peralatan memasak bantuan pemerintah sudah dapat dikelola dengan baik maka kelompok usaha wisata bisa mendapatkan uang.

Sekda mengajak, warga Biak Numfor yang mendapat bantuan alat memasak itu diharapkan bisa menggunakannya dengan baik dan tidak boleh dikuasai oleh perseorangan.

"Potensi sumber daya alam yang dimiliki Pulau Biak dapat diolah dengan peralatan memasak sehingga akan mendapat penghasilan buat kelompok usaha wisata," kata Markus Mansnembra.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dinas Pariwisata Provinsi Papua Amelia Ondikeleo mengatakan sebelum mendapat bantuan peralatan memasak untuk keripik keladi, Dispar memberikan pelatihan kepada kelompok usaha pariwisata di Distrik Yawosi dan Distrik Biak Kota.

"Ketika 20 peserta selesai mengikuti pelatihan diharapkan bisa memproduksi usaha keripik keladi, perikanan di dua wilayah, yakni Distrik Yawosi dan Distrik Biak Kota," ucap Amelia, seusai pembukaan pelatihan pariwisata di Biak.

Amelia mengharapkan, hasil produk usaha keripik keladi yang akan dihasilkan kelompok usaha pariwisata dapat dipasarkan di berbagai tempat, seperti hotel, kawasan bandara serta tempat khusus pemasaran produksi kuliner pangan lokal.

Ia mengajak, kepada 20 peserta pelatihan sumber daya manusia kepariwisata dapat memanfaatkan pelatihan hingga selesai sehingga dapat menjadi bekal dalam memproduksi kuliner lokal untuk dijual.

Pembukaan pelatihan sumber daya manusia bidang kepariwisataan di Kabupaten Biak Numfor dibuka oleh Sekda Biak Markus O.Mansnembra berlangsung selama tiga hari di Kabupaten Biak Numfor mulai 5-7 November 2019.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top