Turki tuntut AS menyerahkan komandan Kurdi Suriah

Turki tuntut AS menyerahkan komandan Kurdi SuriahPasukan koalisi Arab-Kurdi yang tergabung dalam Koalisi Demokratik Suriah (SDF) bergerak untuk menguasai ibu kota ISIS di Raqqa. (Reuters)

WARTABARU.COM – Pihak berwenang Amerika Serikat harus mengekstradisi komandan SDF pimpinan Kurdi kepada Turki ketika komandan itu memasuki wilayah AS, kata Menteri Kehakiman Turki Abdulhamit Gul, Jumat.

Tuntutan tersebut disampaikan Turki setelah Ankara mengecam Washington karena memperlakukan komandan tersebut sebagai "tokoh politik yang sah."

Pada Rabu (23/10), para senator AS mendesak Departemen Luar Negeri untuk segera memberi visa bagi sang komandan, Jenderal Mazloum Kobani, agar ia bisa berkunjung ke Amerika Serikat guna membahas masalah Suriah.

Ankara mengatakan Mazloum adalah teroris yang memiliki kaitan dengan para milisi Kurdi, yang sedang melancarkan pemberontakan di Turki.

Ketika berbicara kepada para wartawan, Gul mengatakan Turki menuntut pemerintah AS untuk menahan Mazloum begitu ia tiba di Amerika Serikat.

Gul mengatakan kementerian luar negeri Turki telah menyampaikan permintaan ekstradisi Mazloum kepada Amerika Serikat.

Sumber: Reuters

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top