Menkeu ajak Tokopedia memajukan ekonomi Indonesia

Menkeu ajak Tokopedia memajukan ekonomi IndonesiaMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat hadir dalam diskusi publik bertajuk “Dampak Tokopedia bagi perekonomian Indonesia” di Jakarta, Kamis (10/10/2019). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

WARTABARU.COM – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak perusahaan teknologi digital termasuk Tokopedia dapat memajukan ekonomi Indonesia, salah satunya dalam mempercepat penyaluran dana bantuan pemerintah bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Saya bayangkan jika angka (bantuan) itu menggunakan banyak platform digital maka sesuai target dan akuntabel," kata Menkeu di Jakarta, Kamis.

Menkeu menjelaskan setiap tahun pemerintah mentransfer dana APBN bagi 75 ribu desa di Indonesia.

Dana ratusan triliun tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur seperti jalan, sanitasi dan badan usaha milik desa.

Selain itu, kata dia, masih ada 2.000 desa yang tertinggal dari infrastruktur seperti listrik.

"Presiden (Joko Widodo) meminta semua bisa terkoneksi dengan internet. Kami selesaikan Palapa ring dan satelit multiguna sehingga semua bagian Indonesia terkoneksi" imbuh Menkeu.

Pemerintah, lanjut dia, juga fokus dalam pembangunan sumber daya manusia dengan menggelontorkan APBN untuk lebih dari 800 ribu beasiswa bidik misi dan 5 ribu beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP).

Selain itu, lanjut dia, penyaluran dana untuk 20 juta siswa SD, SMP dan SMA, penyaluran dana bagi 10 juta Program Keluarga Harapan (PKH) dan 15 juta bantuan kebutuhan pokok.

Tak hanya itu juga ada subsidi elpiji 3 kilogram dan subsidi pupuk bagi petani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan perusahaan digital diharapkan menjadi mitra pemerintah untuk mempercepat pemerataan ekonomi masyarakat.

"Kalau setiap manusia Indonesia bisa terkoneksi dalam platform seperti Tokopedia maka kita bisa tahu bahwa semua program pemerintah bisa dilakukan lebih efisien dan sesuai target," katanya.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top