Daihatsu Buka-bukaan Nasib MPV 1.000 Cc Turbo di Indonesia

Daihatsu Buka-bukaan Nasib MPV 1.000 Cc Turbo di IndonesiaDaihatsu Thor. (Foto: Screenshot via web Daihatsu.com)

WARTABARU.COM – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya buka suara terkait uji jalan Multi Purpose Vehicle (MPV) Thor yang dilakukan beberapa waktu lalu di Indonesia. Thor merupakan MPV ditopang mesin 1.000 cc turbo.

Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra menjelaskan dari hasil uji coba dalam waktu tertentu, pihak ADM memutuskan untuk tidak meluncurkan mobil tersebut.

“Kami tidak ada rencana untuk mengeluarkan Thor di Indonesia,” kata Amelia di Jakarta, Senin (7/10).

Uji jalan Thor, dijelaskan Amelia hanya aktivitas yang dilakukan tim research and development (RnD) Daihatsu Indonesia. Menurut dia tim ingin mengetahui keandalan mesin 1.000 cc turbo jika digunakan di dalam negeri.

Thor hanya dijual di Jepang, dan di Indonesia pernah menjadi produk pajangan dalam beberapa kesempatan pameran otomotif nasional.

“Jadi kami mencoba melihat mobil dengan mesin 1.000 turbo di Indonesia akan berbeda tidak dengan mesin tidak turbo. Jadi tidak ada maksud mengeluarkan Daihatsu yang dikatakan Thor itu,” ujar Amelia.

Menjual Thor ke Indonesia, menurut dia kecil kemungkinannya karena mobil penumpang pintu geser di Indonesia pasarnya meredup. Amelia memberi contoh Honda Freed yang sudah ‘disuntik mati’, dan Toyota Sienta dengan volume penjualan yang tidak membanggakan.

Belajar Mesin 1.000 cc

Amelia menegaskan bahwa uji jalan bukan dalam rangka memuluskan Thor masuk Indonesia. Uji coba agar tim Daihatsu mempelajari lebih dalam soal performa mesin kecil dengan sokongan turbo.

“Biasanya tim RnD memang selalu melakukan studi, mencatat performance, perbedaan antara mobil mesin biasa dengan turbo. Itu dijadikan sebagai studi. Umumnya seperti itu karena tanpa studi seperti itu kami tidak bisa membandingkan,” ujarnya.

“Kalau teman-teman tahu mereka tidak hanya melakukan tes (mobil) Daihatsu tapi merek lain yang juga punya mesin turbo. Jadi ini merupakan bagian dari studi perbandingan antara mesin biasa dan turbo,” kata dia kemudian.

Terkait hasil uji coba, Amelia belum dapat memaparkan rincinya. Ia mengaku belum membaca detail hasil uji coba mesin Thor.

“Tapi menurut teman teman RnD seperti performance-nya mesin 1.500 cc,” ujarnya.

Terkait peluang memasarkan mobil penumpang bermesin 1.000 cc turbo melalui model Daihatsu lain, Amelia mengaku harus melalui kajian lebih mendalam.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top