Status Nissan Livina Terkait ‘Recall’ Mitsubishi Xpander

Status Nissan Livina Terkait 'Recall' Mitsubishi XpanderNissan Livina. (Nissan)

WARTABARU.COM – Mitsubishi Indonesia menyatakan status Nissan Livina aman dari recall meski produk ekspor Xpander telah dinyatakan butuh perbaikan komponen fuel pump (pompa bahan bakar). Livina merupakan produk rebadge Xpander yang sama-sama diproduksi Mitsubishi di Indonesia.

Mitsubishi Vietnam sebelumnya sudah membuat pengumuman recall pada 14.051 Xpander karena cacat fuel pump pada Selasa (1/10).  Mitsubishi Indonesia menyatakan recall Xpander hanya terjadi di Vietnam, status Xpander di dalam negeri dinyatakan tidak terjangkit masalah yang sama.

“Nissan saya belum dengar (ada komplain atas kasus yang sama),” kata Deputy General Manager Coordination and Development Office Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (3/10).

Perlu dipahami Livina generasi terbaru yang meluncur awal 2019 merupakan produk kolaborasi Nissan dan Mitsubishi. Selain sama-sama dibuat di pabrik Mitsubishi, basis dan komponennya juga sama.

Menurut Intan, Xpander untuk pasar domestik, ekspor, maupun Livina yang saat ini hanya dijual di dalam negeri, komponennya sama, termasuk pada mesin. Kasus pompa bahan bakar bermasalah pada Xpander sejauh ini hanya mencuat di Vietnam.

“Iya, sama, kan dikerjain di MMKI (Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia/ operator pabrik Mitsubishi),” katanya.

Lebih dari itu Intan mengaku belum mengetahui pasti penyebab pompa bahan bakar Xpander bermasalah di Vietnam. Investigasi yang sedang dilakukan diakui belum menemukan akar masalahnya. Intan bilang belum ada pembahasan untuk mengganti perusahaan penyuplai komponen

“Jadi ya di Indonesia tidak ada temuan seperti Vietnam. Memang belum ketemu jadi tidak ada recall buat Xpander Indonesia,” kata Intan.

Head of Communication Nissan Motor Indonesia Hana Maharani menyebut pihaknya masih memonitor masalah ini. “Kami tidak ada laporan (recall) sejauh ini,” kata Hana saat dihubungi, Jumat (4/10).

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top