Untar dibangun dengan nilai-nilai Pancasila, kata Rektor

Untar dibangun dengan nilai-nilai Pancasila, kata RektorJajaran sivitas akademi Universitas Tarumanagara (UNTAR) dalam Dies Natalis ke-60 UNTAR di Jakarta, Kamis (3/10/2019). (ANTARA/Katriana)

WARTABARU.COM – Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan menyebut perguruan tinggi yang dipimpinnya dibangun dengan berlandaskan Pancasila sehingga sistem pembelajarannya mencerminkan nilai-nilai dasar negara Indonesia.

"Untar dibangun dengan nilai-nilai integritas, profesionalisme, enterpreneurship dan bernapaskan Pancasila," kata Agustinus usai mengisi acara Dies Natalis ke-60 Untar di Jakarta, Kamis.

Oleh karena itu, katanya, proses pembelajaran yang mereka lakukan juga didasarkan pada nilai-nilai Pancasila.

"Karena memang Pancasila adalah kekuatan kita, kekuatan sebagai lembaga pendidikan, juga sebagai anggota masyarakat," ujar dia.

Nilai-nilai Pancasila tersebut, katanya, didengungkan dan dilaksanakan melalui berbagai macam kegiatan akademik. Dan bukti bahwa perguruan tinggi swasta tersebut telah melaksanakan nilai-nilai Pancasila adalah dengan penghargaan lima bintang untuk inclusiveness dari Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking.

"Penghargaan ini diperoleh karena perguruan tinggi ini memiliki toleransi yang besar. Tidak ada sekat-sekat. Semuanya boleh berkembang dalam tujuan yang baik," katanya.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, yang juga bertepatan dengan Dies Natalis ke-60 perguruan tinggi tersebut.

Dalam peringatan Dies Natalis tersebut, Untar mengambil tema "Untar untuk Indonesia," dengan harapan bahwa Untar bisa berkontribusi bagi masyarakat Indonesia.

"Perguruan tinggi memang harus terjun langsung ke masyarakat. Oleh karena itu, kita berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat melayani masyarakat sebagai bagian dari Untar untuk Indonesia," katanya.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top