BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan pada Januari-Februari 2020

BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan pada Januari-Februari 2020Ilustrasi musim hujan. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

WARTABARU.COM – Badan Meteorologi, Klimatolog, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan 2019/2020 di Indonesia akan terjadi pada Januari-Februari 2020 mendatang.

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG, Indra Gustari mengatakan daerah yang harus diwaspadai terjadi curah hujan tinggi adalah Papua, Sumatera Utara dan Provinsi Aceh. 

“Januari-Februari jadi puncak hujan  periode 2019/2020.  Yang patut diwaspadai hujan curah tinggi adalah Aceh, Sumut dan Papua,” ujar Indra di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Pusat, Rabu (2/10). 

Indra mengatakan jelang puncak musim hujan, patut mewaspadai wilayah yang rentan terhadap bencana yang hujan tinggi seperti banjir dan tanah longsor.

Prediksi harian curah hujan mulai 2 Oktober sampai 7 Oktober akan terjadi hujan intesitas sedang dan lebat. Akan tetapi, daerah Sumsel, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara intensitas hujan rendah. 

“Kalau diakumulasi pada Oktober hujan turun di Sumsel, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara hujan masih intensitas rendah. Tinggi itu November,” katanya.

BMKG juga memprediksi kondisi perairan di beberapa wilayah yang akan terjadi gelombang tinggi mulai dari dua meter.

“Gelombang cukup tinggi, dua meter ke atas dalam satu minggu ke depan. Samudera Hindia yang berlokasi di antara Maluku dan Papua harus waspada karena tinggi gelombang 2,5 sampai 4 meter,” kata Indra.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top