Mengenal Aplikasi Identifikasi Anggota Grup WhatsApp STM

Mengenal Aplikasi Identifikasi Anggota Grup WhatsApp STMFoto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

WARTABARU.COM – Media sosial Twitter ramai membahas tangkapan layar membongkar pembicaraan grup WhatsApp oknum STM saat kejadian demo kemarin, Senin (1/10). Dari tangkapan layar tersebut ada beberapa dugaan terkait admin atau orang di balik pembuat grup. 

CNNIndonesia.com merangkum dua aplikasi yang bisa mendeteksi nomor ponsel yang tidak diketahui. 

1. Getcontact

Dilansir dari situs resmi Getcontact, fitur utama dari aplikasi ini adalah identifikasi nomor ponsel yang menelepon atau mengirimkan pesan singkat.Cara menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan nomor ponsel yang ingin Anda cari tahu di bagian pencari nomor ponsel. Kemudian Anda akan bisa mengetahui nama nomor tersebut berdasarkan basis data dari pengguna Getcontact.

Data tersebut dikumpulkan dari para pengguna Getcontact yang menyimpan nomor telepon tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa melihat nomor tersebut dengan berbagai nama sesuai dengan nama yang disimpan oleh para pengguna Getcontact.

Aplikasi juga bisa membuat Anda melakukan verifikasi nomor telepon dengan fitur hashtag. Fitur ini membuat Anda bisa menambahkan identitas kontak sesuai dengan yang Anda simpan di ponsel Anda.

Misalnya Anda menyimpan satu nomor dengan nama Joe. Sementara di tagar nomor tersebut ada nama Jonathan, atau Jon, tapi belum ada Joe. Anda bisa menambahkan Joe dengan fitur hashtag tersebut.

Apabila Anda penasaran dan ingin mengetahui berbagai macam nama identitas teman, Anda bisa menyalin nomor tersebut lalu melihat nama identitas teman Anda di hashtag.

Aplikasi juga bisa digunakan untuk menyaring panggilan dan pesan singkat dengan mudah.

2. Truecaller

Serupa dengan Getcontact, Truecaller juga bisa menguak identitas dari nomor misterius yang menghubungi Anda. Perbedaannya, terletak pada UI Truecaller yang lebih memudahkan pengguna untuk langsung mengakses pesan singkat, kontak, dan panggilan.

Aplikasi akan meminta izin kepada Anda untuk mengakses ketiga hal tersebut. UI dari pesan singkat, panggilan, dan kontak kurang lebih sama dengan aplikasi bawaan Android. Akan tetapi, khusus untuk pesan singkat Truecaller memiliki tiga kolom, yakni personal, others, dan spam.

Personal adalah kumpulan pesan singkat yang Anda kirimkan. Sedangkan others adalah kumpulan pesan singkat yang tidak dibalas oleh Anda. Spam adalah kumpulan pesan yang dilaporkan oleh pengguna Truecaller sebagai spam.

Selanjutnya Truecaller memiliki fitur contact yang terdiri dari dua kolom yaitu saved dan identified. Saved adalah kumpulan kontak yang Anda simpan di ponsel. Sedangkan identified adalah nomor telepon keluar masuk yang berhasil diidentifikasi oleh Truecaller.

Fitur call adalah kumpulan nomor-nomor yang keluar masuk di ponsel Anda. UI call kurang lebih sama dengan aplikasi bawaan Android, bedanya Truecaller langsung mendeteksi nomor tak dikenal dan otomatis memberi nama sesuai dengan data yang ada di basis data.

Truecaller juga langsung mendeteksi nomor spam dengan label merah sesuai dengan laporan dari para penggunanya. Kekurangan dari aplikasi ini adalah kesalahan aplikasi mendeteksi nomor yang bukan Spam.

Misalnya penawaran promo Starbucks, nomor aktivasi akun aplikasi, hingga bukti reservasi hotel Traveloka malah dianggap sebagai spam.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top