KPAI: Penguatan karakter berdasarkan Pancasila hal yang fundamental

KPAI: Penguatan karakter berdasarkan Pancasila hal yang fundamentalKetua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto. (ANTARA/Dewanto Samodro)

WARTABARU.COM – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengatakan penguatan karakter berdasarkan Pancasila adalah hal fundamental yang harus dilakukan oleh negara, masyarakat, keluarga dan orang tua.

"Apalagi akhir-akhir ini potensi anak terinfiltrasi nilai-nilai menyimpang melalui media sosial cukup tinggi," kata Ketua KPAI Susanto saat dihubungi, di Jakarta, Senin.

Dia menyampaikan jika nilai-nilai Pancasila sudah tertanam pada anak, hal tersebut akan menjadi benteng anak dari nilai-nilai yang tak sesuai dengan falsafah negara tersebut.

Dia mengatakan nilai-nilai Pancasila harus diinternalisasikan kepada semua anak Indonesia melalui beragam cara dan pendekatan agar visi kebangsaan anak semakin kokoh dan kuat.

"Pembiasaan nilai-nilai Pancasila itu bisa melalui keseharian baik di sekolah, rumah dan lingkungan masyarakat," kata dia.

Dia pun menilai nilai-nilai Pancasila itu juga sudah terintegrasi dalam mata pelajaran dan kurikulum sekolah.

"Hanya saja perlu pembiasaan dan pembudayaan yang terus diperkuat, agar nilai-nilai tersebut melekat kepada anak," kata dia.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top