Servis Pertama Mobil 1.000 Km atau Rugi

Servis Pertama Mobil 1.000 Km atau RugiIlustrasi mobil mogok. (Foto: KaboomPics)

WARTABARU.COM – Mobil baru dianjurkan servis berkala untuk pertama kali setelah pemakaian 1.000 km. Meski jarak tempuh masih singkat, namun hal ini perlu dipahami pemilik mobil untuk merawat kendaraan.

Jika bertanya-tanya soal anjuran tersebut, ini sebetulnya bukan trik dealer supaya mobil kembali ke bengkel resmi, terlebih mobil baru kecil kemungkinan mengalami kerusakan komponen setelah menempuh 1.000 km.

Dijelaskan Auto2000, service berkala pertama ini punya tujuannya. Penjelasannya mekanik dealer ingin memastikan apakah kondisi mobil sesuai dengan standar.

Saat di bengkel, mobil akan melewati serangkaian pengecekan komponen mekanikal sampai kelistrikan untuk memastikan seluruhnya bekerja dengan baik selama pemakaian 1.000 km.

Pengecekan sistem meliputi berbagai fungsi mesin, sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, head unit, bodi, pintu, lampu-lampu, wiper, oli mesin, fan belt, volume air radiator, minyak rem, dan cairan-cairan lainnya.

Kemudian sistem penggerak seperti transmisi dan kopling serta kaki-kaki seperti suspensi, hingga sistem rem tidak luput dari pengecekan.

Jika ada kerusakan, bengkel akan langsung melakukan penggantian komponen secara gratis karena mobil masih dalam masa garansi.

Hal penting lain dari servis berkala 1.000 km yaitu soal validitas garansi mobil tersebut. Sebab syarat utama garansi antaranya rutin melakukan servis berkala di bengkel resminya. Selain itu servis pertama ini bersifat pemeriksaan komprehensif dan tidak dipungut biaya.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top