Menperin Bocorkan Jadwal Peluncuran SUV Listrik Wuling

Menperin Bocorkan Jadwal Peluncuran SUV Listrik WulingIlustrasi Wuling. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

WARTABARU.COM – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto membocorkan jadwal peluncuran mobil listrik Wuling di Indonesia. Dia mengatakan hal tersebut saat menghadiri peresmian ekspor perdana pemegang merek Wuling di dalam negeri, SGMW Motor Indonesia, di Cikarang, Jawa Barat, pada Rabu (26/9).

Saat memberikan kata sambutan Airlangga mengatakan telah diperlihatkan teknologi-teknologi terbaru di area pabrik oleh Presiden SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun, yaitu mobil otonom dan mobil listrik jenis plug in.

“Tadi dipertontonkan E200, tentunya ini menunjukkan bahwa teknologi yang dikuasai SGWM ini sudah sangat maju dan dalam prospeknya juga tadi saya lihat ada beberapa basis kendaraan plug in EV (Electric Vehicle),” kata Airlangga, Rabu (26/9).

“Tadi tulisannya saya perhatikan, pak presiden direktur. Di situ tertulis 2020, walaupun presiden direkturnya belum lapor (ke Kemenperin),” ungkapnya lagi.

Tulisan 2020 bisa jadi merujuk pada jadwal peluncuran mobil listrik plug in Wuling. Meski begitu informasi tentang waktu peluncuran ini belum terkonfirmasi oleh SGMW Motor Indonesia.

Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service, and Marketing (VSM) SGMW Motor Indonesia yang dikonfirmasi terkait pernyataan Airlangga justru menyampaikan informasi baru. Dia mengungkap mobil listrik yang dimaksud berupa SUV.

“Saya pikir SUV yang pertama,” katanya.

SGMW Motor Indonesia sebelumnya sudah memperkenalkan dua mobil listrik, yaitu E100 dan E200 yang keduanya jenis microcar. Sampai saat ini belum ada satupun mobil listrik itu yang dijual ke pasaran.

Cindy mengatakan peluncuran SUV listrik itu masih menunggu kejelasan kebijakan dari pemerintah. Pada Agustus lalu Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang akselerasi program kendaraan berbasis listrik sudah terbit, namun peraturan turunannya yang menjelaskan lebih detail terkait pelaksanaannya belum rilis hingga sekarang.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top