Akademisi: Wisata budaya penting dikembangkan di Lampung

Akademisi: Wisata budaya penting dikembangkan di LampungDwi Wahyu Handayani M.si slaah seorang dosen Unila pemerhati kerajinan tangan Lampung, Bandarlampung, Jumat, 27/09/2019, (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

WARTABARU.COM – Wisata budaya menjadi salah satu potensi besar yang penting dikembangkan oleh Lampung selain wisata alam.

"Lampung kaya akan potensi budaya dari berbagai kabupaten. Ada banyak budaya yang bisa dikembangkan dari setiap daerah, " ujar Dwi Wahyu Handayani, salah satu dosen Unila,di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, wisata di Lampung tidak terbatas pada wisata alam namun banyak potensi wisata lain yang belum tergali, salah satunya budaya.

“Seperti kain tapi sebenarnya tidak hanya motif gunungan saja yang ada di Lampung, tapi banyak motif lain dari berbagai kabupaten, namun belum banyak terekspose, " katanya.

Menurutnya, wisata budaya penting dikembangkan karena tidak terbatas dan mampu digali terus menerus sembari dilestarikan.

“Untuk mewujudkan hal tersebut perlu di adakannya sebuah survei untuk mengumpulkan semua data mengenai kebudayaan Lampung sehingga potensi budaya dapat terdata dan dikembangkan sesuai porsi,” katanya.

Menurutnya, dengan terkumpulnya data seluruh potensi budaya maka pengembangan pariwisata dapat dengan mudah dilakukan dengan melihat data yang ada.

“Bila kita memiliki big data tentang potensi budaya misalkan corak tapis dari seluruh kabupaten di Lampung, maka kita dapat dengan mudah mengumpulkan dimana perajin tapis motif dari desa satu dengan desa lainnya, sehingga pembentukan sentra-sentra kerajinan dan pusat kebudayaan lebih mudah di buat,” katanya. Hal senada juga dikatakan oleh Widya, salah seorang perajin clutch tapis.

Menurutnya, dengan adanya kumpulan data potensi wisata Lampung salah satunya potensi budaya maka akan mempermudah berkembangnya pariwisata Lampung, karena telah ada sentra-sentra kerajinan ataupun pusat budaya.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top