Jenis Kendaraan yang Biasa Digunakan Pedemo

Jenis Kendaraan yang Biasa Digunakan PedemoIlustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

WARTABARU.COM – Demo mahasiswa berlanjut hari ini Selasa (24/9) di depan kompleks parlemen DPR/MPR, Senayan, Jakarta untuk menyampaikan aspirasinya. Unjuk rasa ini sebagai bentuk penolakan pengesahan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP), UU KPK, RUU Pertanahan, dan RUU Ketenagakerjaan.

Selain di Jakarta, aksi penolakan juga terjadi di sejumlah wilayah Tanah Air.

Ada hal menarik dalam aksi mereka. Demo atau cara menyampaikan pendapat dengan massa dalam jumlah banyak yang mencapai ratusan, atau ratusan ribu orang biasanya butuh kendaraan untuk mencapai lokasi demo. Dalam beberapa kasus mereka rela berjalan kaki untuk menyampaikan keinginannya.

Berbicara soal kendaraan, unjuk rasa sangat erat hubungannya dengan iring-iringan kendaraan. Ada beberapa kendaraan yang bisa dikaitkan dengan kegiatan unjuk rasa. Berikut rangkuman CNNIndonesia.

Sepeda Motor

Sepeda motor masih menjadi pilihan bagi pendemo untuk membawa mereka ke titik kumpul sebelum bersama-sama bergerak ke lokasi unjuk rasa. Biasanya mereka bakal berjalan beriringan dari titik kumpul pertama menuju titik yang dekat dengan lokasi demo.

Setelah itu mereka bakal parkir kendaraan mereka dan berjalan bersama menuju area unjuk rasa.

Bus

Untuk menunjang kegiatan demi, biasanya massa menggunakan bus atau truk yang disewa dari perusahaan.

Di Jakarta, bus yang sangat lekat dengan pendemo yakni Kopaja dan Metromini. Dua bus jenis ini terbilang efektif karena mampu mengangkut peserta aksi sekaligus dalam jumlah banyak.

Membawa atribut unjuk rasa menggunakan Kopaja dan Metromini juga terasa lebih mudah ketimbang menggunakan motor.

Mobil komando

Kendaraan terakhir yang menjadi bagian dari unjuk rasa yaitu mobil komando. Mobil ini bukan sebagai alat transportasi, melainkan sarana mereka untuk menyampaikan pendapat.

Mobil komando biasanya berjenis pikap, namun ada modifikasi di bagian baknya.

Pada bagian bak didesain untuk meletakkan pengeras suara. Pada bagian bak juga terdapat panggung kecil agar orator dapat terlihat oleh peserta aksi saat menyampaikan aspirasinya.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top