Wabup Barut harapkan Karhutla berkurang dengan dukungan masyarakat

Wabup Barut harapkan Karhutla berkurang dengan dukungan masyarakatWakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra (kedua kiri) bersama pejabat lainnya meninjau Posko Siaga Karhutla setempat di Muara Teweh, Sabtu (21/9/2019) ANTARA/HO

WARTABARU.COM – Wakil Bupati Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, Sugianto Panala Putra mengharapkan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerahnya dapat berkurang mengingat tim pengamanan bersiaga 24 jam dan adanya peranan aktif dari masyarakat di daerah ini.

"Semoga kebakaran hutan yang mengakibatkan kabut asap dapat kita minimalisirkan, mengingat tim pengamanan bersiaga 24 jam di posko dan kami harapkan peran serta aktif dari masyarakat yang membantu, baik dengan melaporkan maupun dengan tidak membakar lahan dalam membuka lahan pertanian," katanya di sela-sela mengunjungi Posko Siaga Karhutla di Muara Teweh, Sabtu.

Dia mengaku optimis bahwa kabut asap akibat kebakaran hutan di beberapa titik spot bisa dikurangi dengan dukungan dari petugas dan peran serta masyarakat.

Selain itu, kata dia, kepada petugas untuk tetap menjaga stamina dan kebugaran.

"Hal ini, mengingat kondisi dan cuaca sering berubah-ubah. Mohon kepada para petugas untuk dapat menjaga kesehatan," kata Sugianto.

Posko Pengamanan Siaga Karhutla Barito Utara ini beranggotakan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas perhubungan, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, dan dinas intansi terkait lainya bekerjasama dengan TNI/Polri.

Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar menyatakan bahwa dalam satu pos akan disiagakan personil gabungan dari TNI/Polri dan instansi terkait lainnya.

"Kami akan menyiagakan petugas di setiap posko sampai titik spot benar-benar berkurang," jelas Kapolres.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top