Komparasi Calya-Sigra dan Mobil China Confero S

Komparasi Calya-Sigra dan Mobil China Confero SInterior Toyota Calya model terbaru. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)

WARTABARU.COM – Mobil keluarga tujuh penumpang yang masuk kategori mobil harga terjangkau ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) Calya dan Sigra menawarkan desain eksterior dan interior baru.

Sejumlah perubahan itu mendongkrak harganya mulai Rp1,5 juta- Rp2 juta. Varian tertinggi Calya dibanderol Rp158,4 juta, sementara Sigra Rp156,75 juta.

Bila menilik soal harga jual, banderol Calya dan Sigra mendekati Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) asal China, yakni Wuling Confero yang dijual mulai Rp146,8 juta sampai Rp167 jutaan.

Hal ini menjadi alasan harga Confero lebih cocok disandingkan dengan Calya dan Sigra yang sama-sama menawarkan harga ‘menggiurkan’ untuk konsumennya, meski banyak konsumen di Indonesia menyejajarkan Confero dengan Avanza-Xenia ketika melihat dari data teknis.

Kali ini CNNIndonesia.com membandingkan varian teratas Calya-Sigra dan Confero S 1.5 C MT. Lantas seperti apa keunggulan yang ditawarkan ketiga mobil tersebut? berikut rangkumannya.

Calya dan Sigra

Dari sisi eksterior Calya baru sudah mengalami ubahan pada bagian bumper, gril, lampu utama LED, dan desain pelek.

Selain itu ada juga spion lipat elektrik, head unit layar sentuh, ruang penyimpan di bawah jok depan, hingga tombol audio di lingkar kemudi. Sedangkan spesifikasi teknis meliputi dimensi hingga jantung pacu masih sama dengan model Calya sebelumnya.

Calya yang punya panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Mesin 1.197 cc empat silinder VVT-i semburan tenaga 86,7 tenaga kuda dengan torsi 107,8 nm.

Keduanya masih mengandalkan ‘kipas angin’ (air circulator) untuk mendinginkan ruang kabin belakang.

Fitur penunjang keselamatan ada sabuk pengaman di semua titik, dual airbags, Anti-lock Braking System (ABS), dan Electronic Brake Distrubution (EBD). Untuk pencegahan terhadap pencurian, Calya juga punya immobilizer.

Sementara perubahan Sigra nyaris sama. Namun, Sigra tidak punya pengatur tombol audio pada kemudi. Sigra punya kamera parkir yang terintegrasi dengan layar sentuh head unit, sedangkan Calya tidak menyimpan fitur itu.

Wuling Confero S 1.5 C MT

Mobil keluarga ini menyuguhkan kabin lebih lapang berkat panjang mobil ini 4.530 mm, lebar 1.691 mm, dan tinggi 1.730 mm.

Bukan cuma dimensinya, mesin Confero S juga lebih besar dari Calya-Sigra, yaitu tersemat jantung penggerak 1.500 cc. Mesin tersebut masih menggunakan transmisi manual 5-percepatan, sementara Calya dan Sigra transmisi otomatis.

Di atas kertas mesin itu diklaim punya tenaga 107 tenaga kuda dengan torsi 142 nm.

Lingkar roda Confero S 1.5 C MT juga lebih besar karena ukurannya 15 inci plus sentuhan dua warna, sedangkan si kembar ditopang pelek 14 inci.

Berbicara fitur penunjang mobil asal manufaktur China ini jauh meninggalkan kedua mobil ‘murah’ Toyota-Daihatsu. Misalnya lampu utama yang sudah menggunakan fitur follow me home, tilt steering diatur secara manual, pengukur tekanan udara ban yang ditampilkan di MID, hingga AC double blower.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top