Daftar Ponsel Lipat yang Meluncur 2020

Daftar Ponsel Lipat yang Meluncur 2020Ilustrasi ponsel layar lipat. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)

WARTABARU.COM – Samsung akhirnya mengungkap rencana pemasaran Galaxy Fold pada Jumat (6/9) lalu. Korea Selatan akan menjadi tujuan pertama penjualan ponsel layar lipat pertama Samsung ini dan dibanderol 2,4 juta Won atau sekitar Rp28 jutaan.

Pada pertengahan Juni lalu, perusahaan asal Korea Selatan ini sempat memasarkan Galaxy Fold setelah disetop selama 45 hari. Kendati demikian, perusahaan juga sempat membuka pemesanan Galaxy Fold pada 22 April namun harus dihentikan.

Sebab, sejumlah pengulas melaporkan masalah yang terjadi di perangkat ponsel seperti jeda layar. Namun, Samsung memastikan telah melakukan perubahan termasuk memperkuat engsel yang sempat dipermasalahkan oleh sejumlah kalangan.

Selain Samsung Galaxy Fold, terdapat ponsel layar lipat lain yang telah tersedia di pasaran maupun yang tengah menunggu perilisan.

Royole Flexpai

Dilansir CNET, ponsel lipat ini telah dipasarkan mulai dari Rp18 juta hingga Rp20 jutaan. Layar Flexpai berukuran 7,8 inci namun saat layar dilipat ukurannya menejadi 4 inci. Menilik dapur pacu, ponsel ini dibekalii prosesor Snapdragon seri 8 dan RAM 6 GB dengan sistem operasi Android 9 Pie. Sedangkan resolusi layar 1.440×1.920 piksel dengan rasio layar 4:3.

Pada sisi fotografi, Flexipay mengusung kamera ganda yang disematkan di layar ponsel dengan sensor masing-masing 20 megapiksel dan 16 megapiksel. Ponsel layar lipat ini ditenagai baterai berkapasitas 3.800 mAh.

Nubia Alpha

Selain Flexpai, ponsel lipat yang dirancang seperti jam tangan pintar ini juga telah dijual pada April lalu dan dipatok harga Rp6,3 jutaan. Dilansir Slashgear, Nubia Alpha ditenagai prosesor Snapdragon Wear 2100. Sedangkan kapasitas memori yang ditawarkan sebesar RAM 1GB dan ROM 8GB.

Sementara dari sisi kamera, perusahaan menyematkan sensor 5 megapiksel pada kamera depan.

Huawei Mate X

Direktur Eksekutif Huawei Richard Yu mengkonfirmasi bahwa ponsel lipat dengan teknologi 5G pertama di dunia akan dirilis pada Oktober mendatang. Mate X dibanderol lebih mahal dari Galaxy Fold yakni sekitar Rp36,5 juta.

Dalam posisi dilipat, Mate X menjadi ponsel dengan ukuran 6,6 inci. Sementara ketika dilebarkan dimensinya berubah menjadi 8 inci. Selain itu, saat kedua layar dilipat ke belakang, Huawei tetap mengaktifkan layar kedua sisi.

Hal itu berbeda dengan Fold yang mematikan layar di salah satu sisinya ketika ponsel dilipat ke belakang.

Dari sisi ketebalan, Mate X lebih tipis dengan 5,4 mm dalam mode tablet dan 11 mm ketika dilipat. Ketebalannya terhitung masih lebih tipis dibanding Fold.

TCL DragonHinge

TCL, perusahaan elektronik asal China menyatakan ponsel lipat mereka bakal dirilis awal tahun 2020 mendatang. Dilansir Venture Beat, ponsel itu dirancang dengan layar AMOLED. Ketika dilipat, DragonHinge akan berbentuk seperti sebuah dompet kecil.

Kendati demikian, sampai saat ini perusahaan belum merilis spesifikasi yang lebih rinci ponsel lipat TCL DragonHinge.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top