FSPMI segera ajukan judicial review atas Kepmenaker tenaga asing

FSPMI segera ajukan judicial review atas Kepmenaker tenaga asingIlustrasi pertemuan FSPMI. (ANTARA/Syamsudin Hasan)

WARTABARU.COM – Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) mengecam keputusan pemerintah untuk membuka posisi jabatan tertentu untuk pekerja asing di beberapa sektor dan berencana mengajukan judicial review, kata Sekretaris Jenderal DPP FSPMI Riden Hatam Aziz.

"Ini keputusan aneh, kan bangsa Indonesia saja angkatan kerja penganggurannya cukup tinggi. Kami sangat keberatan dengan Keputusan Menteri Nomor 228," ungkap Riden ketika dihubungi di Jakarta pada Jumat.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengeluarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmenaker) Nomor 228 Tahun 2019 Tentang Jabatan Tertentu yang Dapat Diduduki Oleh Tenaga Kerja Asing.

Keputusan itu membuka beberapa posisi untuk tenaga kerja asing (TKA) di 18 sektor usaha mulai konstruksi, real estate, pendidikan hingga teknologi informasi.

"Kami akan melakukan JR ke Mahkamah Agung. Sekarang sedang kita siapkan, paling lambat awal Oktober kita akan masukkan itu ke MA. Itu dari semua serikat pekerja," ungkap Riden.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top