Seorang haji asal Deli Serdang sakit pulang dari Mekkah

Seorang haji asal Deli Serdang sakit pulang dari MekkahSeorang haji bernama Ijah Siregar asal Kabupaten Deli Serdang tergabung pada Kelompok Terbang 16 Debarkasi Medan, tiba di Asrama Haji Medan. (Antara Sumut/Foto Munawar)

WARTABARU.COM – Seorang haji atas nama Ijah Siregar asal Kabupaten Deli Serdang yang tergabung pada Kelompok terbang 16 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara mengalami sakit setelah pulang dari Mekkah.

"Kaki saya tiba-tiba tidak bisa digerakkan saat berada di Tanah Suci, dan akhirnya dibawa ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan," kata Ijah, setelah tiba di Asrama Haji Medan, Minggu (8/9) malam.

Namun, menurut dia, kedua kakinya yang tiba-tiba mengalami kelumpuhan itu, segera diobati hingga sembuh sehingga bisa kembali seperti semula.

"Saya yakin kakinya itu masih bisa disembuhkan dengan cara melakukan pengobatan terapi dan obat-obat tradisional," ujarnya.

Ia menyebutkan, akibat kakinya yang mengalami gangguan itu, terpaksa harus menggunakan kursi roda untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Pemantauan di Asrama Haji Medan, saat turun dari bus yang mengangkut rombongan haji tersebut dari Bandara Udara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang, Ijah menggunakan kursi roda yang didampingi PetugaS Haji dari Embarkasi Medan.

Seorang haji ditunda pulang

Seorang haji atas nama Jarwani Mat Kabari bin Ambari (88) asal Kabupaten Deli Serdang yang tergabung pada Kloter 16 Debarkasi Medan, ditunda kepulangannya ke Tanah Air.

Haji Jarwani saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) karena mengalami sakit.

Jika tim medis RSAS telah mengizinkan Jarwani boleh pulang ke Indonesia, maka segera diterbangkan ke Tanah Air.

Haji Jarwani sebelumnya tergabung pada Kloter 14 Debarkasi Medan yang mutasi ke Kloter 16 Debarkasi Medan.

Sebanyak 390 orang haji yang tergabung pada Kloter 16 Debarkasi Medan tiba di Asrama Haji Medan, Minggu (8/9) sekira pukul 22.00 WIB.

Dari 390 orang haji dari Kloter 16 Debarkasi Medan itu terdiri atas 154 pria dan 236 wanita. Dari jamaah haji tersebut, 377 orang dari Kabupaten Deli Serdang, 3 orang dari Kabupaten Serdang Bedagai, 2 orang dari Kota Medan, 1 orang dari Kota Binjai, dan 7 petugas TPHD/TKHD dan TPHI.

Pimpinan Kloter 16 Debarkasi Medan, Ansoruddin Saidin Nasution Bin Saidin Nasution.menjelaskan data yang diperoleh dari PPIH Embarkasi Medan jamaah haji Sumut yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2019 tercatat sebanyak 8.641 orang dengan 22 kloter Embarkasi 1 Medan.

Namun, yang berangkat ke Mekkah sebanyak 8.525 haji (98,60 persen). Yang tidak jadi berangkat 116 jamaah (1,34 persen) karena sakit, meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji Medan dan ditunda keberangkatan ke Mekkah.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top