PLN Klaim Jakarta Sanggup Tampung Cas Mobil Listrik

PLN Klaim Jakarta Sanggup Tampung Cas Mobil ListrikBoks untuk menyalurkan daya ke baterai kendaraan listrik Foto: (CNN Indonesia/Daniela Dinda)

WARTABARU.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menjelaskan cadangan listrik di daerah ini cukup menampung kedatangan era kendaraan listrik.

General Manager PLN Disjaya, M Ikhsan Asaad, menjelaskan, pihaknya punya cadangan listrik sebesar 5 – 6 ribu Megawatt (MW).

Ikhsan mengatakan untuk jaringan listrik Jakarta telah terkoneksi ke jaringan Jawa-Bali yang total kapasitas daya listriknya 32 ribu MW. Dia menyebut pada saat beban puncak kapasitas yang terpakai hanya 26 ribu MW – 27 ribu MW.

“Jakarta itu punya 12 ribu MW, itu kapasitas yang terpakai saat beban puncak 7 ribu MW – 8 ribu MW. Masih banyak (sisa kapasitas belum terpakai),” kata Ikhsan saat ditemui di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9).

Menurut Ikhsan kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik pada tahun-tahun pertama di Jakarta dirasa tidak terlalu membebani PLN. Saat itu dirasa populasi kendaraan listrik diprediksi belum terlalu banyak.

“Mungkin kalau (populasi kendaraan listrik) sudah 1 juta unit baru kelihatan,” ucap Ikhsan.

Dia memberi contoh, BMW i8 Roadster diibaratkan membutuhkan 7 kW saat pengecasan. Misalnya ada 1.000 unit mobil buatan Jerman itu yang melakukan pengecasan secara bersamaan, beban PLN dikatakan cuma 7 MW.

“7 MW itu kecil sekali, saya punya 6 ribu MW kok. Jadi sudahlah masalah kapasitas tidak usah terlalu dikhawatirkan,” kata Ikhsan.

Kata Ikhsan PLN sudah punya kebijakan buat mendorong penggunaan kendaraan listrik, di antaranya memberikan penambahan daya listrik di rumah tanpa biaya bila memiliki mobil listrik. Selain itu, bila pemilik rumah punya motor listrik mendapatkan diskon 75 persen untuk penambahan daya listrik.

“Kalau ngecas mobil listrik pada jam 10 malam sampai 4 subuh, saya kasih diskon 30 persen,” kata Ikhsan.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top