Facebook Berencana Hilangkan Jumlah ‘Likes’

Facebook Berencana Hilangkan Jumlah 'Likes'Ilustrasi (REUTERS/Elijah Nouvelage)

WARTABARU.COM – Facebook kemungkinan akan akan menghilangkan hitungan pada tombol suka (likes). Facebook telah mengetes untuk menghilangkan fitur tersebut untuk Instagram di 7 negara. Kanada jadi negara pertama yang kebagian tes pada April tahun ini. Kemudian disusul Irlandia, Italia, Jepang, Brazil, Australia, dan Selandia Baru pada Juli.

Biasanya, tiap konten yang diunggah pengguna akan ada hitungan jumlah berapa akun yang menyukai konten tersebut. Namun, para pengguna di negara itu melaporkan, mereka tidak bisa melihat jumlah suka. Alih-alih jumlah yang suka, mereka cuma bisa melihat suka dari teman-teman mereka sendiri.

[Gambas:Twitter]

Langkah ini dilakukan Facebook untuk melindungi pengguna dari iri hati. Sehingga, pengguna membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain berdasarkan jumlah suka. Sehingga mereka merasa tidak berharga ketika jumlah suka konten yang mereka pos lebih sedikit dari orang lain.

Langkah Facebook menghilangkah jumlah suka juga dilakukan agar pengguna berhenti menghapus konten yang mereka unggah lantaran tidak memiliki cukup banyak jumlah suka atau kurang dibagikan.

Ahli reverse engineering Jane Manchun Wong menemukan prototipe Facebook untuk menyembunyikan jumlah suka pada aplikasi Android media sosial itu.

Ketika dikonfirmasi TechCrunch, Facebook mengonfirmasi kalau mereka memang tengah melakukan pengetesan untuk menhilangkan jumlah suka. Namun, hingga saat ini, fitur tersebut belum tersedia untuk semua pengguna.

Facebook menolak untuk membagikan hasil pengetesan mereka dengan menyembunyikan jumlah suka di Instagram. Mereka juga tak menyebut motif di balik pengetesan ini dan jadwal pengetesan. Kemungkinan menghilangkan fitur ini akan dilakukan secara bertahap sembari melihat apakah akan berpengaruh buruk pada penurunan pengguna dan iklan mereka.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top