Perkembangan Bisnis UMKM di Kalimantan Lewat Aplikasi Grab

Perkembangan Bisnis UMKM di Kalimantan Lewat Aplikasi GrabIlustrasi. (Dok. Grab Indonesia)

WARTABARU.COM – Layanan GrabExpress dan GrabFood seolah menjadi perangsang bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan adanya layanan ini, UMKM bisa menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus melakukan investasi tambahan.

Rangsangan dari GrabExpress dan GrabFood juga dirasakan para mitra pedagang Grab di calon ibu kota Kalimantan Timur. GrabFood telah melayani 187 kota di Indonesia dengan klaim rata-rata waktu pengiriman selama 29 menit.

Grab Indonesia pada Rabu (28/8), mengajak beberapa media, termasuk CNNIndonesia.com berkeliling di Balikpapan dan Samarinda untuk melihat dampak Grab terhadap perekonomian di Kalimantan Timur.Salah satu mitra pedagang GrabFood mengaku bisa mengantungi omzet hingga tiga kali lipat ketika bekerja sama dengan Grab. Rumah Makan XXL menjadi salah satu merchant di Balikpapan yang populer dipesan lewat GrabFood. Dirintis sejak 2017 oleh Lina, Rumah Makan XXL langsung mendaftar menjadi mitra GrabFood.

Ia mengatakan dalam sehari ia mengantungi omset hingga Rp 1,5 juta sebelum sebelum bekerja sama dengan Grab. Saat ini ia memperoleh omset hingga Rp4 juta dalam sehari.

“Awalnya jualan offline Rp2 juta sehari, bergabung dengan GrabFood bertambah Rp500 ribu. Sekarang total penjualan bisa Rp 4 juta, offline-nya bisa Rp2 juta sampai RP2,5 juta,” kata Lina di rumah makan miliknya, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu ( 28/8).Lina mengatakan Rumah Makan XXL memiliki spesialisasi dalam menu ‘Ayam Geprek’. Perbedaan dengan Ayam Geprek lainnya, Ayam di Rumah Makan XXL tidak menggunakan tepung. Sehingga ayamnya dipastikan empuk sesuai dengan cita rasa ayam pecel di Indonesia.

Saking seringnya dipesan, Rumah Makan XXL bahkan memiliki komunitas pengemudi GrabFood. Banyak mitra pengemudi yang sehari-hari mangkal di rumah makan ini.

Lina merasa Rumah Makan XXL lebih mendapatkan eksposure lebih ketika bergabung dengan GrabFood. Sebelumnya, Lina telah melakukan promosi lewat media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Lebih lanjut ia berharap agar Grab bisa menawarkan lebih banyak promo ongkos kirim agar konsumen bisa lebih sering memesan makanan.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top