Ertiga Kurang ‘Nendang’ Bersaing di Cirebon

Ertiga Kurang 'Nendang' Bersaing di CirebonSuzuki Ertiga Suzuki Sport. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

WARTABARU.COM – Sama seperti penjualan nasional, Ertiga disebut juga merupakan salah satu model tulang punggung penjualan mobil Suzuki di Cirebon, Jawa Barat. Walau begitu hasil penjualannya sejauh ini belum sampai target yang diharapkan.

Dari delapan dealer Suzuki yang berada di Cirebon, Majalengka, hingga Kuningan, rata-rata penjualan Ertiga sebanyak 25 unit per bulan. Catatan itu lebih rendah dari target yang sudah ditetapkan untuk tahun ini, yakni 35 unit per bulan.

“Penjualan dari 25 unit, (varian) GX masih dominan, mungkin sekitar 17 unit sebulan,” kata General Manajer Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) Septian Ricky Herisman selaku dealer utama Suzuki di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/8).

Septian mengakui penjualan Ertiga di Cirebon berada di bawah para rival yaitu Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Xenia. Menurut dia, Ertiga mengekor di posisi ke empat dalam penjualan Low MPV.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama semester satu pada tahun ini penjualan Ertiga di seluruh Indonesia sebanyak 12.850 unit. Angka itu lebih kecil dari Avanza 39.815 unit, Xpander 32.652 unit, dan Xenia 13.923 unit.

Walau situasinya demikian, Septian optimis bisa menghabiskan sisa semester dua pada tahun ini dengan pencapaian penjualan Ertiga sesuai target di Cirebon. Salah satu faktor yang mendukung yaitu kehadiran Ertiga Suzuki Sport yang diluncurkan pada Maret lalu.

“Sekarang juga kan Ertiga itu ada model Suzuki Sport,” ucapnya.

Penjualan Suzuki di Cirebon disebut Septian mewakili 23 persen pencapaian total penjualan Suzuki di Jawa Barat. Pada periode Januari – Juli 2019, Suzuki mendapatkan pangsa pasar 9,2 persen di Cirebon. Target pangsa pasar Suzuki di Cirebon yaitu 11 persen pada tahun ini.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top