Astronaut NASA Diduga Retas Akun Bank Pasangan dari ISS

Astronaut NASA Diduga Retas Akun Bank Pasangan dari ISSAnne McClain (kiri) astronaut NASA saat hendak berangkat ke ISS. (Foto: Dmitri Lovetsky/Pool via REUTERS)

WARTABARU.COM – Anne McClain, seorang astronaut Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) diduga melakukan aksi peretasan ketika sedang melakukan misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

McClain diduga mengakses rekening bank milik pasangannya, Summer Worden ketika masih bertugas di ISS. Jika dugaan ini benar, maka aksi McClain tersebut akan menjadi kejahatan siber pertama yang dilakukan dari luar angkasa.

Kecurigaan Worden berawal ketika ia mendapati ada pergerakan uang dari rekening bank miliknya. Ketika dicek, mantan perwira intelejen Angkatan Udara AS itu mendapati alamat IP komputer yang mengaksesnya sama dengan lokasi NASA.

McClain kepada The New York Times mengakui tindakannya mengakses rekening bank milik Worden. Ia mengatakan sengaja melakukan hal itu demi memastikan bahwa dana rekening milik Worden cukup untuk membiayai anak mereka yang saat ini berusia 6 tahun.

Hubungan antara keduanya sebenarnya telah berakhir ketika Worden menggugat cerai McClain pada akhir 2018 lalu setelah 4 tahun bersama.

Lewat citannya McClain menuliskan pernyataan soal hubungan perceraiannya yang telah berlangsung setahun terakhir dengan Worden.

[Gambas:Twitter]

Menyikapi dugaan ini, NASA tidak memberikan pernyataan langsung terkait kasus yang membeli McClain. NASA hanya memuji peran McClain yang menjadi salah satu astronaut terbaik dan mantan anggota militer terbaik.

“Letnan Kolonel Anne McClain memiliki karir militer unggul, telah merampungkan misi tempur di Irak dan merupakan salah satu astronaut andalan NASA. Dia melakukan pekerjaan besar untuk misi terbaru NASA di ISS. Seperti halnya kepada semua karyawan, NASA tidak mengomentari masalah pribadi,” tulis NASA seperti dilansir Space.

McClain sendiri selama enam tahun terakhir bergabung bersama NASA. Saah satu misi penting yang pernah ia lakukan yakni peluncuran pesawat luar angkasa Soyuz pada Desember 2018 dan kembali ke Bumi pada Juni lalu.

Saat ini McClain kembali dipromosikan untuk penerbangan pesawat ruang angkasa yang seluruhnya diawaki oleh perempuan, termasuk dirinya dan Christina Koch. Namun tanpa alasan yang jelas NASA tiba-tiba menggantikan McClain dengan dalih tidak ada cukup kostum astronaut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top