Kominfo Siapkan Uji Coba Teknis 2,6 Ghz untuk 5G

Kominfo Siapkan Uji Coba Teknis 2,6 Ghz untuk 5GIlustrasi. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)

WARTABARU.COM – Kementerian Komunikasi dan informatika (Kominfo) akan menyiapkan uji coba teknis pada beberapa frekuensi seperti 2,6 Ghz dan 35 Ghz untuk jaringan 5G.

Direktur Penataan Sumber Daya Direktorat Jenderal SDPPI Kominfo Denny Setiawan mengungkapkan akan menyiapkan uji coba teknis tersebut.

“Kami akan menyiapkan trial teknis. Bagaimana co-exist antara satelit dan 5G. Karena frekuensi 35 Ghz banyak digunakan untuk satelit,” ujarnya, Rabu (21/8) dalam uji coba 5G di kantor XL Axiata.

Denny menjelaskan banyak yang harus diperhatikan sebelum melakukan uji coba seperti teknis berapa ‘pagar’ dimensi frekuensi yang dibutuhkan hingga jarak ideal memasang BTS.Sedangkan untuk frekuensi 2,6 Ghz, Denny mengungkap ada satu satelit yang saat ini masih mengisi slot tersebut.

“2,6 Ghz ada satu satelit. Jalan keluarnya, satelit tersebut masih beroperasi hingga 2024. Nanti kami akan bahas apakah akan pindah ke frekuensi lain. Atau bagaimana solusinya,” papar Denny.

Selain uji coba teknis, Denny mengungkap aktif membahas masalah ini dengan regulator negara lain, khususnya yang memiliki kasus seperti Indonesia seperti Hong Kong.

“Selain kami menyiapkan ekosistem 5G, hal ini pun harus paralel dengan industri. Seperti menyiapkan bisnis model, regulasi, fiberisasi. Jangan sampai 5G rasa 2G,” tambahnya.Dalam rangka menyiapkan uji coba 5G, XL Axiata menggelar uji coba hologram menggunakan frekuensi 28 Ghz sepanjang 100 mhz.┬áRudiantara menjanjikan uji coba yang dilakukan operator akan bebas biaya BHP.

“BHP uji coba operator akan 0,” ungkap Rudiantara.

XL mengungkap telah melakukan berbagai sejak dua tahun terakhir, terutama dalam menyiapkan ekosistem pendukungnya. Salah satunya adalah menyiapkan jaringan data berkapasitas besar dengan cara melakukan fiberisasi di seluruh jaringan.

Fiberisasi akan mampu meningkatkan kapasitas transport jaringan hingga lebih dari 5x lipat dibandingkan transport bukan fiber. Selain itu, uji coba teknologi 5G di jaringan XL Axiata kembali dilaksanakan untuk menguji berbagai aspek teknis dan teknologi.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top