Peserta SMN Gorontalo kunjungi PTPN XI PG Pagottan Madiun

Peserta SMN Gorontalo kunjungi PTPN XI PG Pagottan MadiunPara siswa SMA/SMK dari Gorontalo yang tergabung dalam Siswa Mengenal Nusantara (SMN) program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun 2019 melakukan kunjungan ke PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI Pabrik Gula (PG) Pagottan di Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (18/8). (Antara/istimewa-PTPN XI)

WARTABARU.COM – Puluhan siswa SMA/SMK dari Gorontalo yang tergabung dalam Siswa Mengenal Nusantara (SMN) program BUMN Hadir untuk Negeri Tahun 2019 berkunjung ke PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI Pabrik Gula (PG) Pagottan yang ada di wilayah Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu.

Dalam agendanya ke PG Pabottan, para siswa tersebut mendapatkan paparan tentang PTPN XI dan pabrik gula setempat. Setelah itu, para siswa juga diajak untuk melihat proses produksi gula pasir di PG Pagottan.

Salah seorang peserta, Reiza Fitria mengaku bangga bisa mengikuti kegiatan kunjungan ke PTPN XI PG Pagottan. Kunjungan pertamanya ke sejumlah lokasi di Madiun dan sekitarnya telah membuatnya terkesan.

"Saya bangga dan senang bisa ikut program SMN ini. Kegiatan di Madiun tak kalah menarik, di antaranya ke PT INKA (Persero) untuk melihat langsung pembuatan kereta api serta PTPN XI melihat pembuatan gula," kata dia

Guru pendamping SMN dari Gorontalo, Zai Mooduto mengungkapkan kegiatan SMN memiliki banyak manfaat bagi siswa ke depannya.

"Para siswa akan mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan yang nantinya bisa disampaikan ke teman-temannya di sekolah bahwa Indonesia itu sangat membanganggakan," kata dia.

Sebelum melihat langsung pembuatan gula, rombongan SMN dari Gorontalo terlebih dulu melakukan kunjungan ke PT INKA (Persero). Setelah itu, rombongan siswa SMN dijadwalkan berkunjung ke Ponorogo guna menikmati kuliner khas setempat yakni satai Ponorogo serta mengunjungi pusat seni Reog.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan salah satu kegiatan dalam BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) 2019 yang khusus untuk Provinsi Jatim dan Gorontalo berlangsung selama delapan hari.

Pesertanya berasal dari siswa SMA/SMK/SLB hasil seleksi, yaitu sebanyak 47 siswa asal Jatim ke Gorontalo, sedangkan dari Gorontalo ke Jatim diikuti 24 siswa.

Adapun, kegiatan SMN tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air kepada para siswa peserta. Pada BHUN 2019, PT Pertamina (Persero) ditetapkan sebagai PIC pelaksana kegiatan BHUN di Jatim bersama BUMN lainnya sebagai Co-PIC, yakni PT INKA, PT Waskita Karya, PT PAL, dan PTPN XI.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top