Sejarah Erupsi Gunung Kerinci

Sejarah Erupsi Gunung KerinciGunung Kerinci. (Dok. BNPB)

WARTABARU.COM – Gunung Kerinci yang terletak di Jambi, Sumatera Barat, mengalami erupsi pada Rabu (31/7) siang ini pukul 12.48 WIB. Tinggi kolom abu erupsi sekitar 800 meter di atas puncak, berdasarkan catatan Badan Geologi Kementerian ESDM.

Gunung tertinggi di Sumatera ini merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl dengan kawah seluas 400 meter x 120 meter.

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tipe stratovulcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada 2009 dan 2013. Secara topografi gunung dengan bentuk kerucut ini merupakan gunung tipe A aktif.Letusan Gunung Kerinci masuk ke dalam tipe Hawaii Bentuk Gunung.

Erupsi siang tadi, bukan pertama kalinya terjadi pada tahun ini. Pada Mei lalu, Gunung Kerinci pun sempat erupsi dan membuat lima desa di sekitarnya tertutup abu vulkanik.

Dari awal tahun, tercatat Gunung Kerinci setidaknya sudah erupsi empat kali yakni Januari, Maret, Mei dan Juli. Terparahnya, pada Maret lalu status Gunung Kerinci berubah menjadi Waspada Level II dan warga masyarakat dilarang mendekat.

Sejak Tangkuban Perahu erupsi pekan lalu, beberapa gunung berapi di Indonesia memang masuk gunung berapi yang perlu diwaspadai.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top