Prediksi Fitur dan Desain iPhone 11

Prediksi Fitur dan Desain iPhone 11iPhone yang dirilis 2018. (REUTERS/Stephen Lam)

WARTABARU.COM – Di tengah kabar Samsung segera mengenalkan Galaxy Note 10 dan memasarkan Galaxy Fold, Apple pun tak mau kalah dan akan segera mengenalkan ponsel anyar.

Kabar iPhone 11 semakin santer terdengar di kalangan fanboy Apple. Bocoran desain dan fitur iPhone 11 pun mulai beredar di media massa.

Walaupun belum dipastikan akan mengusung nama iPhone 11, sebagian besar analis mengungkap Apple akan menggunakan nama tersebut untuk iPhone 2019.

Dilansir dari BGR, analis memperkirakan Apple akan merilis tiga tipe iPhone yakni iPhone 11, iPhone 11 Max dan iPhone 11R. Tiga tipe ini berangkat dari iPhone yang diluncurkan pada 2018 silam yakni iPhone Xs, iPhone Xs Max, dan iPhone Xr.

Tiga Lensa untuk iPhone 11

Trik pembaharuan dari iPhone 6s ke iPhone 7 pun kabarnya akan kembali Apple gunakan untuk iPhone 11. Gambar yang mulai beredar iPhone akan memiliki tiga kamera.

Namun, posisi kamera tidak akan vertikal bak kamera ponsel Samsung. Apple akan meletakkan kamera di posisi sama dengan konsep kotak menonjol yang di dalamnya terdapat tiga lensa kamera.

BGR menuliskan ‘benjolan’ kamera baru itu akan sedikit merusak pemandangan pada awalnya. Namun, kotak ini merupakan kunci untuk beberapa fitur baru terbaik yang diharapkan tiba pada iPhone 11.

Tiga kamera ini masing-masing sebagai lensa wide-angle, super wide-angle dan lensa telephoto. Sementara itu, untuk pembaharuan iPhone Xr yang diyakini akan menjadi iPhone 11r akan memiliki dual kamera yakni lensa telefoto dan wide-angle.

MacRumors menuliskan konfigurasi lensa baru iPhone 11 ini dapat memunculkan potensi penginderaan 3D yang lebih sempurna untuk pemanfaatan augmented reality, kemampuan optical zoom meningkat dari 2x menjadi 3x.

Hingga kemungkinan kenaikan megapiksel dari 7 megapiksel pada iPhone 2018 menjadi 12 megapiksel pada iPhone 2019.

Dari sisi cipset, T3 menuliskan Apple akan menggunakan chip A13 yang diharapkan dapat menghemat daya baterai. Pasalnya, ponsel iPhone memang memiliki daya baterai yang jauh lebih kecil jika dibandingkan ponsel flagship Samsung atau Huawei.

Daya Baterai Lebih Kuat

Analis Ming-Chi Kuo yang terkenal ketepatan bocoran iPhone mengungkap iPhone 11 penerus tipe iPhone Xs akan menerima peningkatan 20 persen hingga 25 persen dari sisi baterai.

Sedangkan baterai pada penerus iPhone XS Max 6,5 inci bisa menjadi sekitar 10 persen hingga 15 persen dari tahun lalu.

Layar OLED pada iPhone 11

Dilansir dari T3, Apple akan memboyong layar OLED dengan harga yang terjangkau untuk iPhone. Menurut laporan yang dibagikan Wall Street Journal, Apple akan membuang tampilan LCD saat ini agar bisa mendukung OLED di masa mendatang.

Tampilan LCD ini akan dilakukan di semua smartphone milik Apple. Namun, ada dua asumsi yang beredar terkait penggunaan layar OLED.

Pertama, Apple baru akan menggunakan layar OLED pada ponsel 5G nya, yakni iPhone 12 yang meluncur pada 2020. Kedua, Apple tak akan menunggu lebih lama dan akan menyematkan layar OLED pada iPhone 11 yang meluncur akhir tahun ini.

Dilansir dari MacRumors, pada 2018 Apple meluncurkan tiga ukuran iPhone yakni 5,8 inci untuk iPhone Xs, 6,1 inci untuk iPhone Xr dan 6,5 inci untuk iPhone Xs Max.

Ukuran tersebut masih akan muncul dengan kemungkinan 5,8 inci dan 6,1 inci akan menggunakan layar OLED. Namun, untuk ukuran 6,5 inci atau kemungkinan akan bernama iPhone 11 Max tetap menggunakan LCD seperti seri pendahulunya.

Tambahan Haptic Touch pada iPhone 11

Pada 2018, Apple sudah menghilangan 3D Touch pada iPhone Xr. Fitur yang hadir sejak iPhone 6s ini dikabarkan siap untuk diganti dengan Haptic Touch.

Kemungkinan terbesarnya, seluruh fitur 3D Touch akan digantikan dengan Haptic Touch. Pasalnya, 3D Touch masih ada pada iPhone Xs dan Xs Max.

WiFi 6 dan Pengisian Nirkabel Bilateral

Rumor menunjukkan iPhone akan mengadopsi teknologi WiFi 6 dengan kecepatan LTE. Para leaker pun menantikan fitur pengisian nirkabel bilateral yang akan membuat ponsel secara nirkabel mengisi daya smartphone dan perangkat nirkabel lain seperti AirPods.

Konsep pengisian nirkabel bilateral sebenarnya sudah digunakan Samsung pada Samsung Galaxy S10. Pengguna bisa mengisi daya Samsung AirBuds dengan menempelkannya pada punggung Samsung Galaxy S10. Fitur serupa yang diharapkan hadir pada iPhone 11′

Sayangnya, para penggemar iPhone harus menunggu hingga kisaran September tahun ini untuk menantikan kebenaran bocoran iPhone 11. Prediksinya, Apple akan mengenalkan iPhone baru pada kisaran September sesuai dengan kebiasaan mereka dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top